BBPP Batu Latih Vokasi Juleha,Semangat Kostratani !

Pelatihan Vokasi Juleha di BBPP Batu, 11 – 17 Pebruari 2020

BBPP Batu mengawali kegiatan pelatihan di tahun 2020 dengan pelaksanaan pelatihan vokasi juru sembelih halal di bulan Februari. 

Pelatihan vokasi juru sembelih halal angkatan 1 dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 10 Februari dengan peserta sebanyak 28 orang, sedangkan angkatan ke II dimulai dari tangal 11 sampai dengan 17 Februari dengan peserta sebanyak 32 orang. 

Pelatihan juru sembelih halal di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu dilaksanakan selama 7 hari dan melalui proses pembelajaran sebanyak 56 jam pelajaran. 

Peserta pelatihan yang memenuhi persyarat kelulusan selanjutnya akan mendapatkan Sertifikat Tanda Tamat Pelatihan (STTPL) dan Hasil Uji Kompetensi berupa transkrip nilai yang dapat digunakan sebagai bekal peserta mengikuti sertifikasi kompetensi juru sembelih halal dan untuk keperluan mencari pekerjaan (Job seeker) . 

Beberapa peserta yang menempuh pelatihan di BBPP Batu sudah diterima sebagai juru sembelih halal di luar negeri seperti New Zealand dan Jepang.

Pelatihan vokasi juru sembelih halal diperuntukkan bagi para juru sembelih halal yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah potong hewan (RPH), usaha aqiqah, rumah makan, pondok pesantren dan takmir masjid. 

Hal ini sejalan dengan program prioritas pemerintahan presiden jokowi periode ke dua yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Pengejawantahan peningkatan kapasitas SDM oleh Kementerian Pertanian melalui kepemimpinan Menteri Pertanian RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH diantaranya Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), tumbuhnya petani milenial berjiwa entrepreneur sebanyak 500.000 orang per tahun, gerakan tiga kali ekspor (GraTIEks), tumbuhnya UMKM 7.879 unit dan penurunan angka stunting.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BBPP Batu, Dr. Ir. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si beserta Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Batu, Sugino, SP, M.Si. Pada kesempatan kali ini Kepala BBPP Batu juga menyampaikan Kebijakan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal.

Sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Juru Sembelih Halal, kompetensi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi Persyaratan Juru Sembelih Halal, penyembelihan hewan halal, Penerapan Higiene Sanitasi, Penerapan Prinsip Kesejahteraan Hewan, Persiapan Peralatan Penyembelihan, Pemeriksaan Fisik Hewan dan penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja.

Narasumber dan fasilitator yang turut berperan dalam menyampaikan materi pelatihan antara lain dari  MUI kota Batu dan Malang, LPPOM MUI Propinsi Jawa Timur, Widyaiswara divisi kesehatan hewan, reproduksi, kesmavet dan Rumah Potong Hewan (RPH) serta praktisi dari RPH Kota Malang. 

Metode pembelajaran pada pelatihan ini disampaikan secara klasikal dan praktek  di RPH BBPP Batu dan Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress