Penanganan dan Pengolahan Susu

Penanganan dan Pengolahan Susu

 

Profil Dvisi Penanganan dan  Pengolahan Susu

            Divisi Penanganan dan Pengolahan Susu adalah salah satu instalasi yang dimiliki BBPP Batu yang merupakan tempat peserta diklat baik aparatur maupun non aparatur berlatih tentang menangani susu sehingga susu kualitasnya dapat dipertahankan, bagaimana menguji kualitas susu dan produk olahannya serta mengolah susu menjadi produk olahan susu yang beraneka ragam.

Divisi ini dikawal oleh Widyaiswara yang kompeten di bidangnya antara lain Dr. Ir. Endang S.SW, MP, Widi Roseli, SE, Pontjo Tri Andajani, S.TP, Dodik Suprapto, S.Pt dan dibantu seorang satlak analis kimia Ilfarm Make A, A.Md.

Dalam rangka mendukung keberhasilan peserta dalam belajar dan berlatih, divisi susu dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti ruang diskusi, ruang laboratorium pengujian kualitas susu dan ruang prosesing susu.

 

gambar1

 

Jenis-jenis diklat yang dilaksanakan meliputi Diklat Pengolahan Susu Berbasis GMP; Diklat Peningkatan Nilai Tambah Produk Susu; Diklat Peningkatan Nilai Tambah Produk Susu Fermentasi. Selama pelatihan peserta diklat dibimbing oleh Widyaiswara, Nara Sumber dan Praktisi yang kompeten dibidangnya dengan harapan peserta mendapatkan bekal teori, pengalaman praktek serta berkembangnya wawasan dalam berwirausaha dibidang produk olahan susu.

Selain menyelenggarakan diklat, divisi penanganan dan pengolahan susu juga menjadi tempat praktek kerja industri bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah yang dilakukan selama 3 bulan. Disamping itu juga menerima kegiatan magang atau praktek kerja lapang (PKL) yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi selama 1 bulan. Para siswa atau mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan yang ada pada divisi yaitu ikut terlibat / membantu dalam proses produksi produk olahan susu. Produk-produk olahan susu yang diproduksi antara lain susu pasteurisasi, ice cream, yoghurt, permen susu, stik susu, kerupuk susu, nugget susu dan lainnya.

gambar

gambar2