Kerjasama

Kerjasama

KERJASAMA

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan harta dan kekayaan utama dalam menunjang perekonomian nasional, karena SDM adalah satu-satunya harta karun terbesar dan paling hakiki, karena manusialah yang akan melakukan perubahan-perubahan dan pastinya membawa manfaat bagi individu atau makhluk lainnya.  Indonesia sebagai Negara Agraris dengan sebutan Jamrud Khatulistiwa merupakan salah satu sumber daya alam yang dikaruniai Tuhan kepada Bangsa ini. Disisi lain sektor pertanian sebagai kontributor terbesar bagi perekonomian nasional memegang peranan penting yang perlu didukung oleh SDM kompeten dan profesional.

Tingkat dan kualitas SDM menentukan kinerja dan keberhasilan suatu kelompok, lembaga, instansi dalam menghadapi dan menyikapi perkembangan tehnologi, terutama dalam menghadapi perdagangan bebas yang penuh persaingan dan semakin ketat. Kemampuan dalam menyerap informasi dan mengadopsi teknologi terbaru menjadi salah satu solusi agar SDM Pertanian dapat bersaing di pasar global.

Untuk menjawab tantangan tersebut  peningkatan kualitas SDM pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu mengembangkan program dan jejaring kerjasama, baik pelatihan teknis berbasis inovasi teknologi dan pelatihan fungsional dibidang peternakan juga melaksanakan  pelatihan agribisnis peternakan.

BBPP Batu telah memiliki sarana dan prasarana pelatihan yang representatif, fasilitas penginapan yang nyaman, tenaga pelatih dan fasilitator yang kompeten dan professional dibidangnya, serta sarana olah raga  yang lengkap dan dilengkapi lingkungan alam pegunungan yang sejuk dan asri serta objek wisata alamnya yang eksotik, maka Batu dengan BBPP Batu-nya merupakan sarana yang sangat tepat dan cocok untuk melakukan pelatihan dalam rangka peningkatan SDM Pertanian.

Harapan, dengan kondisi alam dan sarana yang kami miliki, program peltaihan berbasis inovasi dapat menjadi salah satu sumber informasi penting bagi peningkatan kualitas SDM Pertanian sesuai dengan situasi dan kondisi yang diharapkan termasuk untuk mendukung Program Pengembangan dan Peningkatan SDM pada era Otonomi Daerah, Nasional, Regional maupun Internasional.

 

Pelatihan yang ditawarkan :

  1. Diklat Manajemen Pemilihan Sapi Perah dan Potong
  2. Diklat Manajemen Pemberian Pakan Sapi Perah dan Potong
  3. Diklat Kesehatan dan Reproduksi Ternak Ruminantia
  4. Diklat Manajemen Pemeliharaan Sapi Perah dan Sapi Potong
  5. Diklat Pengolahan Limbah Ternak ( Biogas, Kompos, Biourine)
  6. Diklat Inseminasi Buatan pada Sapi
  7. Diklat Keur Master
  8. Diklat Pemeriksaan Kebuntingan
  9. Diklat Para Medik Veteriner
  10. Diklat Butcher
  11. Diklat Manajemen Rumah Potong Hewan
  12. Diklat Sertifikasi Penyuluh Pertanian
  13. Diklat Sertifikasi Pengawas Mutu Pakan
  14. Diklat Sertifikasi Pengawas Bibit Ternak
  15. Diklat Pengolahan Jerami sebagai Pakan Ternak
  16. Diklat Pengolahan HAsil Ternak ( berbahan ddasar Susu, Daging, Telur, Kulit dan Ikutan ternak)
  17. Diklat Agribisnis Peternakan
  18. Diklat Dasar bagi Penyuluh Pertanian Terampil
  19. Diklat Dasar bagi Penyuluh Pertanian Ahli
  20. Diklat Alih Kelompok/Jenjang
  21. Diklat-Diklat Teknis, Fungsional dan Agribisnis serta Kewirausahan Peternakan
  22. Diklat-Diklat Berbasis Kepemimpinan