HSN 2013 Digelar di Bukittinggi

Pelaksanaan Hari Susu Nusantara tahun 2013 mengusung tema: “Susu Segar Masuk Sekolah, Anak Sehat dan Pintar”. Tema ini diangkat dalam rangka Peningkatan Produksi dan Konsumsi Susu Segar di Dalam Negeri. Hari Susu Nusantara ke-5 ini menggelar puncak acara pada 1 Juni 2013 di Bukittinggi Sumatera Barat, dengan kerja sama antara Ditjen. PPHP Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Peternakan Prov. Sumatera Barat dan Dinas Pertanian Kota Bukittinggi.

 
Kota ini dipilih karena merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang sangat potensial untuk pengembangan industri persusuan dan ternak sapi perah. Kondisi alam di Bukittinggi ini memungkinkan peternakan sapi, baik sapi untuk penggemukkan maupun sapi perah. Daerah ini juga sudah dikenal dengan program penggemukan sapi yang terintegrasi dengan pasar ternak besar antara lain yang sangat terkenal yaitu di Muara Panas Kabupaten Solok. Peringatan Hari Susu Nusantara dilandasi oleh adanya kegiatan serupa yang diprakarsai FAO (Food & Agriculture Organization) pada 2000, yang mencanangkan 1 Juni sebagai Hari Susu Sedunia (World Milk Day).

Sejak pencanangan tersebut, berbagai negara seperti Jerman, Australia, Cina, India, Malaysia, Thailand turut berpartisipasi untuk merayakannya dafam rangka mendorong konsumsi susu dan pengembangan industri persusuan di negara masing-masing. Di Indonesia sendiri, upayamenggalakkan minum susu segar, dilakukan dengan berbagai upaya, antara lain dengan pencanangan Hari Susu Nusantara pada 7 Oktober 2009 di Pasuruan-Jawa Timur dan ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Susu Nusantara melalui keputusan Menteri Pertanian No. 2l82/kpts/PD.420/5/2009 HSN pertama kali diadakan pada 7 Oktober 2009 di Pasuruan, Jawa Timur, lalu 31 Mei 2010 di Bandung, Jawa Barat, 4 Juni 2011 di Semarang, Jawa Tengah dan 2 Juni 2012 di Yogyakarta.

Kegiatan Hari Susu Nusantara 2013 juga dilakukan di berbagai daerah, seperti Bimtek Peternak Sapi Perah dan Kambing Perah yang telah dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Peternakaan (BBPP)-Batu, pada 20 – 25 Mei. Lalu Seminar Persusuan Nasional pada 25 Mel – 15 Juni di 9 Perguruan Tinggi (UNAND, IPB, UNPAD, UGM, UNDIP, UNWED, UNIBRAW, UNS, UNHAS). Selain peringatan HSN yang diprakarsai Kementan dan Pemda tersebut, berbagai stakeholders persusuan dan beberapa perusahaan swasta di bidang industri susu juga ikut memeriahkan Hari Susu Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *