Sambut Idul Adha, Kementan Gelar Bimtek Penanganan dan Penyembelihan Hewan Qurban – Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu

Sambut Idul Adha, Kementan Gelar Bimtek Penanganan dan Penyembelihan Hewan Qurban

Idul Adha adalah hari raya yang sarat akan hikmah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu hikmah hari raya Idul Adha adalah penyediaan daging kurban yang halal dan thayyib bagi masyarakat

Saat ini, proses penyembelihan hewan kurban di masyarakat biasanya dikoordinir oleh majelis taklim, panitia kurban, atau pengurus DKM masjid atau musholla setempat.

Sebagai bagian dari kegiatan ibadah, penyembelihan hewan kurban harus dilakukan oleh orang yang paham tata cara penyembelihan sesuai syariat, dan memiliki kemampuan atau keahlian untuk menyembelih dengan sempurna. Penyembelihan hanyalah satu dari serangkaian mata rantai halal dalam penyediaan daging kurban. Sebab, masih ada sejumlah titik kritis kehalalan yang harus dipenuhi agar hasil akhirnya tersedia daging kurban yang halal dan thayyib. Seluruh proses mulai dari penyembelihan, penanganan dan distribusi daging kurban harus dipastikan memenuhi standar kehalalannya hingga sampai kepada para penerima

Berdasarkan hal tersebut, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM pertanian terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata khususnya dalam mendukung tersedianya daging qurban yang halal dan thayyib bagi masyarakat di wilayah Malang Raya khususnya Kota Batu melalui program bimbingan teknis penanganan dan Penyembelihan Hewan Qurban.

Berlokasi di Brizantha Convention Hall BBPP Batu, pada Jum’at (7/6/24) sekitar 100 orang takmir masjid/musholla dan panitia qurban di wilayah Malang Raya, diberikan Bimbingan Teknis oleh Widyaiswara BBPP Batu.

Kepala BBPP Batu, Roby Darmawan saat membuka kegiatan Bimtek menyampaikan, kegiatan ini merupakan perwujudan upaya bersama dan kolaborasi antara BBPP Batu dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam penanganan dan penyembelihan hewan qurban di tahun 2024 ini.

“Sejatinya, setiap tahun kami telah mengadakan bimtek sejenis bagi Takmir Masjid atau Panitia Qurban dengan harapan dapat memberikan edukasi positif, membentuk konektivitas dalam berjejaring, serta mempererat kohesi sosial antara Balai,  Dinas dan Masyarakat sekitar” ujar Roby.

Hal ini selaras dengan apa yang di sampaikan oleh  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi bahwa Keberhasilan pembangunan pertanian tak lepas dari peran semua pihak. SDM Pertanian memberikan kontribusi yang cukup baik dalam mendukung program pembangunan pertanian.

“Dalam mewujudkan hal tersebut BBPSDMP menekankan kepada UPT Pelatihan untuk berperan aktif dalam mewujudkan perannya selaku penyelenggara pelatihan yang secara langsung terjun dalam meningkatkan kapasitas SDM Pertanian”, sebut Dedi.

Wahyuning Islami, salah satu peserta yang juga panitia Qurban dari Kelurahan Sisir Kota Batu menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar pelatihan Peternakan Batu yang telah menyelenggarakan kegiatan Bimtek ini, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan bagaimana menangani ternak sebelum di sembelih, mekanisme penyembelihan, penanganan daging qurban dan pendistribusian daging.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan, terutama sebelum tiba hari Idul Adha, agar kita bisa menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh, Halal dan tentunya daging yang toyyib”. pungkas Wahyuning.

Sumber : https://www.swadayaonline.com/artikel/14876/Sambut-Idul-Adha-Kementan-Gelar-Bimtek-Penanganan-dan-Penyembelihan-Hewan-Qurban/

Comments are closed.