Tingkatkan Produktivitas, BBPP Batu Kementan Edukasi Peternak Kambing Kecamatan Sidayu Gresik - BBPP BATU

Tingkatkan Produktivitas, BBPP Batu Kementan Edukasi Peternak Kambing Kecamatan Sidayu Gresik

Provinsi Jawa Timur memiliki potensi di bidang peternakan yang sangat besar. Berdasarkan data statistik tahun 2023 menunjukkan bahwa suplai produk peternakan secara nasional baik susu, daging dan telur didominasi dari wilayah Jawa Timur. Dan untuk populasi ternak kambing dan domba, wilayah Jawa Timur menduduki peringkat II Nasional, sehingga masih memungkinkan untuk meningkatkan populasi ternak kambing di Jawa Timur.

Dalam upaya mendorong sekaligus mengedukasi para peternak kambing diwilayahnya, Pemerintah Desa Gedangan Sidayu Kabupaten Gresik melaksanakan kunjungan belajar ke Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu pada Selasa (28/05/2024). Rombongan berjumlah 60 orang diterima oleh Kepala BBPP Batu, Roby Darmawan beserta jajaran di Brizantha Convention Hall BBPP Batu.

Dalam sambutannya, Roby menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemdes Gedangan karena memilih BBPP Batu sebagai lokus untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam peternakan kambing. Roby menambahkan, Potensi pengembangan ternak kambing dapat dilakukan dengan meningkatkan produksi bibit, pengelolaan pakan dan peningkatan manajemen pemeliharaannya. Namun, Peningkatan populasi ternak terkadang menimbulkan permasalahan dengan penyediaan pakan, terutama disaat musim kemarau. Sehingga perlu upaya-upaya pengelolaan pakan yang baik, dari segi kuantitas ataupun kualitas.

“Berdasarkan hal tersebut, tentunya saat ini merupakan momentum yang baik untuk kita bisa saling sharing knowledge dan experience terkait budidaya kambing dan pengolahan pakan. Sehingga hasil pertemuan hari ini, dapat di terapkan di tempat masing-masing sekembalinya dari sini” Ungkap Roby.

Sementara itu, Kepala Desa Gedangan Sidayu Gresik, Muhammad Sholih menyampaikan bahwa Pemerintah Desa sangat mendukung peternak kambing untuk terus meningkatkan pengetahuannya, karena tanpa memiliki ilmu atau pengetahuan tentu hasil budidayanya tidak akan maksimal

“Kami berharap hasil dari sini dapat di praktekkan di Desa Gedangan, kedepan saya harap akan ada sebuah kelompok untuk peternak kambing di wilayah Gedangan” Imbuh Sholih.

Hal ini selaras dengan yang di sampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi bahwa pentingnya peningkatan SDM. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian,” Kata Dedi.

Sumber : https://www.swadayaonline.com/artikel/14847/Kembangkan-Budidaya-Kambing-BBPP-Batu-Kementan-Edukasi-Peternak-Kambing-Kecamatan-Sidayu-Gresik/

Comments are closed.