APWI Kementerian Pertanian Mendukung Profesional Widyaiswara - BBPP BATU

APWI Kementerian Pertanian Mendukung Profesional Widyaiswara

Jabatan Fungsional Widyaiswara merupakan jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, dan melatih serta evaluasi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (Perka LAN. Nomor: 12. Tahun 2019).

Dalam rangka peningkatan pemahaman kapasitas terhadap perkembangan regulasi terkait pelaksanaan tugas, pengembangan karir serta peran organisasi kewidyaiswaraan, Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan Pengembangan  SDM Pertanian (BPPSDMP) melaksanakan pertemuan terkait pembinanaan ASN dan jabatan Fungsional Widyaiswara di Hotel Lor In Sentul Bogor – Jawa Barat.

Kegiatan berlangsung  selama 3 hari, yang dibuka pada Kamis (15/02/2024) oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Dr. Muhammad Amin M,Si. Selain itu turut hadir Sekretaris BPPSDMP, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si yang memberikan arahan kepada 81 widyasiwara perwakilan dari 10 UPT pelatihan Lingkup BPPSDMP.

Dalam arahannya, munifah menyampaikan bahwa  Widyaiswara sebagai guru bangsa perlu mengikuti perkembangan trend masa kini,  “tingkatkan pengembangan profesi dan ikuti kebijakan jabatan fungsional widyaiswara dalam menghadapi ketahanan pangan nasional” tegas Munifah.

Selain kegiatan pembinaan widyaiswara, dilaksanakan pula kegiatan serah terima kepengurusan Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia Kementerian Pertanian yang sebelumnya diketuai oleh Dr. Juniawan (2020 – 2023) kepada ketua terpilih di tahun 2024 yaitu Yeyep Dintan, SP, M.Sc.

Juniawan selaku ketua APWI periode sebelumnya menyampaikan bahwa APWI memiliki OJS yaitu Agro Sainta yang didirikan tahun 2017 sebagai wadah untuk para widyaswara mempublikasikan karya tulis ilmiahnya “Saya berpesan agar OJS ini dikembangkan lagi, jangan sampai wadah yang sudah ada tidak  kita maksimalkan keberadaannya” Ucap Juniawan.

Pada pertemuan ini dibahas berbagai perkembangan regulasi,  tugas dan peran organisasi kewidyaiswaraan antara lain Strategi Teknis dalam Menghadapi Tantangan Global oleh Abba Subagja selaku Asisten Deputi Perancangan Jabatan dari Menpan RB.  Kebijakan formasi, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Widyaiswara oleh Iwan Pujiantoro, Analisis Kebijakan Madya – Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pembinaan Pegawai SDM, LAN RI.

Dibahas pula Kebijakan Formasi, Kompetensi dan Pembinaan Karier Widyaiswara oleh Marhaini dari BKN. PAK Terintegrasi oleh Suhanda – Analis Kepegawaian BPPSDMP
M. Konversi Angka Kredit JF Widyaiswara oleh Raden Yullia Komar, SH, Analis Kepegawaian Ahli Muda Biro Kepegawaian Dan Organisasi Kementerian Pertanian serta Sinkronisasi Program Pusat Pelatihan Pertanian dengan APWI Kementerian Pertanian oleh Andi Amal Hayat, Ketua Kelompok Penyelenggaraan Pelatihan Pusat Pelatihan Pertanian, BPPSDMP.

Penutupan kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (17/02/2024) oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian secara online. WI BBPP Batu

Sumber : https://www.swadayaonline.com/artikel/14514/APWI-Kementerian-Pertanian-Mendukung-Profesional-Widyaiswara/

Comments are closed.