RAKOR WIDYAISWARA DAN MUSKERWIL DPW APWI PROPINSI JAWA TIMUR - BBPP BATU

RAKOR WIDYAISWARA DAN MUSKERWIL DPW APWI PROPINSI JAWA TIMUR

Dalam rangka sinergitas untuk memperkuat Inisiatif, Kolaboratif dan Inovasi (IKI) pengembangan kompetensi (Bangkom) SDM Aparatur yang bertalenta unggul dan berdaya saing, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Widyaiswara Tahun 2024.

Kegiatan berlangsung pada Hari Senin tanggal 30 Januari 2024 bertempat di Aula BPSDM Provinsi Jawa Timur, Jl. Kawi No. 41, Malang. Sebagai tema pada kegiatan ini adalah “Peran Strategis Widyaiswara dalam Penguatan Karakter IKI”. Beberapa instansi yang hadir antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur, UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati, UPT Balai Pelatihan Pertanian, Pemerintah Kota Surabaya, Balai Diklat PUPR Wilayah VI Surabaya, Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu dan Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan.

Istilah IKI pertama kali disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Sambutan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Arti IKI sendiri adalah menguatkan akan pentingnya karakter manusia yang memiliki Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi (IKI). Hal ini menjadi motivasi dan impian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Bangkit dan lebih kuat.

Hadir pada kesempatan tersebut adalah Erfi Muthmainah Kepala Pusat Pembinaan JF bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN Lembaga Administrasi Negara dan Sugihardjo Ketua Umum DPP APWI.

”Peran widyaiswara sangat strategis  dalam peninglatan peran sebagai Coach, pendamping dan penyelia dalam workplace learning, khususnya melalui pelatihan-pelatihan yang sifatnya non klasikal dengan coaching para widyaiswara yang membersamai peserta untuk meningkatkan konstribusi peningkatan kinerja organisasinya”

Mengutip Undang-undang Tahun 2023 tentang ASN Pasal 49 Pengembangan Kompetens maka setiap ASN wajib melakukan pengembangan kompetensi melalui pembelajaran secara terus menerus agar tetap relevan dengan tuntutan organisasi. Pembelajaran dilaksanakan melalui sistem pembelajaran terintegrasi.

BPSDM Jawa Timur diharapkan semakin hebat dengan dukungan para widyaiswara yang memiliki reputasi nasional bahkan internasional melalui Jatim Corporate University semakin berisi dengan eksistensi widyaiswara yang menguasai digital dan penerapan metode-metode baru dalam program pembelajaran dan pelatihan.

Selain kegiatan Rapat Kordinasi Widyaiswara Tahun 2024 di waktu yang bersamaan juga diadakan Fasilitasi MUSKERWIL Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APWI Provinsi Jawa Timur Tahun 2024.  Sebagai salah satu agenda adalah Pelantikan Pengurus DPW APWI Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 – 2028. Sebagai Ketua DPD Apwi Provinsi terpilih secara aklamasi adalah Drs. Paso Deka Dewanto, M.Si.

Comments are closed.