Dorong Minat Generasi Milenial Bidang Peternakan, BBPP Batu Kementan Terima Kunjungan dari SMAMITA - BBPP BATU

Dorong Minat Generasi Milenial Bidang Peternakan, BBPP Batu Kementan Terima Kunjungan dari SMAMITA

Peningkatan mutu sumberdaya manusia (SDM) Pertanian, terutama generasi milenial merupakan salah satu target utama Kementerian Pertanian RI. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya Pertanian Maju, Mandiri dan Modern menuju Lumbung Pangan Dunia tahun 2045.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi sehingga banyak generasi milenial memiliki kreatifitas tinggi. Hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama untuk meningkatkan minat generasi milenial di sektor pertanian.

“Program penumbuhan petani milenial yang dilakukan di BPPSDMP bersama dengan Eselon 1 di Kementerian Pertanian harus terus dilakukan secara terstruktur dan sistematis dengan pelibatan berbagai stakeholder untuk mempercepat regenerasi petani yang adaptif terhadap teknologi serta tangguh yang dapat memberikan kontribusi dalam gerakan pembaharuan pembangunan pertanian,” Ujar Dedi.
Sebagai salah satu UPT yang berada dibawah BPPSDMP, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu turut andil meningkatkan minat generasi milenial di sektor pertanian dengan membuka kesempatan bagi pelajar maupun mahasiswa untuk melakukan kunjungan di BBPP Batu. Seperti yang dilakukan oleh 203 siswa siswi dari SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) Sidoarjo pada  hari Selasa (23/01/2024).

Didampingi oleh Kepala Sekolah dan juga  guru pembimbing, para siswa SMAMITA di terima di Aula Brizantha BBPP Batu oleh Kepala Balai yang dalam hal ini di wakili oleh Koordinator Penyelenggara Pelatihan, Sugino.

Kepala SMAMITA, Edwin Yogi menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan agenda tahunan dari sekolah, dimana para siswa kelas 10 melaksanakan program Study Research, dan untuk tahun ini para siswa di ajak ke BBPP Batu untuk lebih mengenal terkait dunia peternakan.

Setelah menyaksikan penayangan video profil Balai, Siswa siswi yang bersekolah di Jl. Raya Ketegan 35 Taman, Sepanjang Sidoarjo ini dibagi menjadi 3 kelompok, dimana masing – masing kelompok akan mempelajari terkait tema peternakan yang berbeda – beda.

Kelompok pertama menerima materi terkait peternakan secara umum di aula oleh Widyaiswara dari Divisi Budidaya Ternak Ruminansia, dengan materi ini diharapkan dapat memunculkan rasa ketertarikan para siswa pada dunia peternakan.

Sedangkan kelompok kedua menuju Laboratoriun Pasca Panen Susu untuk belajar terkait olahan susu menjadi es yoghurt. Dipandu oleh Widyaiswara dari Divisi Pasca Panen dan Pengolahan susu peserta sangat antusias memperoleh materi pengenalan salah satu olahan dari susu sapi yang selain segar rasanya namun juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Masih berada di area BBPP Batu, kelompok ketiga menuju instalasi pengolahan limbah ternak untuk belajar terkait pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik padat dan juga biogas yang di pandu oleh Widyaiswara dari Divisi pengolahan limbah dan hasil samping ternak BBPP Batu.

Salah satu perwakilan siswa SMAMITA, Nova Ferdiansyah, menyampaikan kesannya di sela-sela kunjungan. Dia sangat senang bisa berkunjung di BBPP Batu, karena dapat belajar terkait bagaimana mengolah susu menjadi yoghurt “Pengajarnya sangat asyik dan seru, mengajak kami untuk membuat langsung.” ucapnya semangat.

Dengan adanya kunjungan dari generasi muda ini, diharapkan dapat menarik minat generasi milenial untuk terjun ke dunia pertanian khususnya peternakan. HUMAS BBPP BATU

Sumber : https://www.swadayaonline.com/artikel/14437/Dorong-Minat-Generasi-Milenial-Bidang-Peternakan-BBPP-Batu-Kementan-Terima-Kunjungan-dari-SMAMITA/

Comments are closed.