JENJANG KARIER PROFESIONAL DENGAN PELATIHAN PENGUATAN WIDYAISWARA - BBPP BATU

JENJANG KARIER PROFESIONAL DENGAN PELATIHAN PENGUATAN WIDYAISWARA

JENJANG KARIER PROFESIONAL DENGAN PELATIHAN
PENGUATAN WIDYAISWARA

Oleh : Prima Puji Raharjo, S.Pt. M.Si.
Widyaiswara BBPP Batu

Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai lembaga yang memayungi Widyasiswara melaksanakan amanah Permenpan RB No. 42 Th. 2021 (Pasal 46 ayat 6) yang kemudian diimplementasikan pada Peraturan LAN No. 7 Th. 2021 dengan menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Widyaiswara. Pelatihan Fungsional Penguatan adalah Pelatihan Fungsional Widyaiswara yang diselenggarakan untuk memperkuat kompetensi PNS yang baru diangkat dalam JF WI (Peraturan LAN No. 7 Th. 2021 Pasal 1). PNS baru yang menduduki JF WI dikuatkan dengan Pelatihan Penguatan ini yang dapat diselenggarakan secara online maupun blanded learning.

Pelatihan penguatan ini menciptakan WI baru menjadi lebih profesional dan berintegritas. WI sebagai guru bangsa menjadi perlu untuk dikuatkan dengan kemampuan yang hebat untuk menciptakan ASN yang hebat. Hal ini karena tusi utama dari WI adalah melatih ASN sesuai dengan kompetensi masing-masing instansi. Jika WI dilatih atau dikuatkan dengan maksimal makan akan muncul ASN yang kompeten. Jika semua widyaiswara selain mempunyai kompetensi substansi dan delivery yang memadai, juga memiliki kepribadian dan kode etik yang sejalan dengan profesinya sebagai seorang penyampai kebenaran (Soegiharto, 2014).

Integritas WI dilatih dan digembleng dalam pelatihan penguatan WI dengan proses pemahaman materi berupa syncronous dan asyncronous serta tugas dengan deadline yang telah ditentukan oleh fasilitator. Materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah Pembelajaran Orang Dewasa (POD), Penyusunan RBPMP dan RP, Penyusunan Bahan Ajar, Etika Widyaiswara, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Elektronik Tahap 1, Pengelolaan Kelas, Teknik Motivasi, Collaborative Teaching Method, Pembekalan Micro Teaching, Teknik Dasar Penulisan, Pengelolaan Pembelajaran dalam Keragaman, Coaching Video Micro Teaching. Materi pelatihan yang lengkap dan kompleks membuat WI untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi.

Pelatihan penguatan WI ini juga lebih meningkatkan kemampuan kemampuan teknologi. Menurut Pariq (2021) bahwa WI termasuk juga melakukan pelayanan publik yang diselenggarakan berbasis digital dan terintegrasi sedemikian rupa sehingga pelayanan publik menjadi lebih optimal. Widyaiswara sebagai salah satu unsur dalam pengembangan kompetensi PNS berbasis elektronik diharuskan memiliki kemampuan untuk menyiapkan kebutuhan disetiap tahap proses pelatihan. Tahap pelatihan tersebut yaitu pelaksanaan dikjartih serta evaluasi dan pengembangan diklat. Kompetensi digital diperlukan oleh widyaiswara untuk menyusun bahan yang akan di gunakan dalam e-learning pada tahap tersebut.

Peraturan LAN No. 7 Th. 2021, LAN sebagai lembaga penyelenggaraan Pelatihan Penguatan WI sangat berkompeten dalam hal penyelenggaraannya. Fasilitator didatangkan dari WI LAN dan WI lain yang kompeten di bidangnya. Namun, sebagai masukan hendaknya juga ditambahkan materi (sesi Pembelajran Orang Dewasa / POD) yang lebih mendalam untuk aspek pola, metode pengajaran, inovasi untuk mengajar pada pelatihan Non Aparatur. Hal ini mengingat bahwa banyak beberapa instansi seperti Kementerian Pertanian yang melatih petani, peternak dan non aparatur. Sehingga akan didapatkan SDM Non Aparatur yang handal dan tercapainya visi dan misi pada masing-masing instansi.

Instansi atau institusi pun akan menjadikan Widyaiswara lebih profesional dan memiliki jenjang karir yang lebih baik dengan berbagai program kerja. Menurut Mutaqin (2014) profesi widyaiswara harus diupayakan untuk mencapai derajat yang memenuhi kriteria profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, profesionalisasi terhadap profesi widyaiswara harus terus diupayakan sepanjang masa dan tanpa akhir.

Referensi :

Mutaqin, AZ. 2014. Profesionalisasi Widyaiswara melalui Penguatan Organisasi Profesi. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 1 No. 4, Okt – Des 2014, p.118-130

Pariq, S. 2021. Penguatan Peran Widyaiswara Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Konsep Smart ASN 4.0. Jurnal Prajaiswara BPSDM Prov. Jambi Vol 2. No.2. Nov 2021.

Peraturan LAN. Nomor 7 tahun 2021. Pelatihan Fungsional Widyaiswara. Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Soegiharto, R. 2014. Membangun Integritas Widyaiswara. Jurnal Lingkar Widyaiswara Ed. 1 No. 4, Okt-Des 2014, p.92-103

Leave a Reply