STRATEGI MANAJEMEN DAN MITIGASI PENGARUH EL NIÑO PADA PEMELIHARAAN AYAM - BBPP BATU

STRATEGI MANAJEMEN DAN MITIGASI PENGARUH EL NIÑO PADA PEMELIHARAAN AYAM

Fenomena El Niño telah menjadi masalah besar dalam studi iklim selama beberapa dekade terakhir. El Niño adalah periode waktu ketika suhu permukaan laut di Pasifik tengah dan timur naik secara signifikan. El Niño dapat memiliki efek lingkungan dan iklim yang signifikan di berbagai belahan dunia. Selain itu, El Niño juga dapat mempengaruhi hewan, termasuk ayam, melalui perubahan suhu, curah hujan, dan ketersediaan Pakan.

El Niño ditandai dengan suhu ekstrem. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan ayam dan dapat menimbulkan masalah bagi produktivitas ayam. Temperatur yang ekstrim, baik yang terlalu tinggi (heat stress) maupun yang terlalu rendah (cold stress), dapat menyebabkan gangguan fisiologis dan pertumbuhan abnormal pada ayam.
Manajemen ayam dan strategi mitigasi El Niño

A. Pengendalian suhu di dalam kandang
Pengendalian suhu di kandang ayam merupakan manajemen penting dan strategi mitigasi untuk melindungi ayam dari suhu ekstrim yang disebabkan oleh El Niño. Berikut beberapa langkah yang di lakukan untuk mengatur suhu:

1. Sistem ventilasi yang efisien.
Kandang ayam dilengkapi dengan sistem ventilasi yang efisien. Sistem ini harus memastikan sirkulasi udara yang cukup di seluruh kandang agar suhu tubuh anak ayam tetap stabil. Ventilasi yang baik juga membantu mengurangi kelembapan berlebih di dalam kandang.
2. Penggunaan sistem pendingin.
Pada suhu lingkungan sangat tinggi, penggunaan sistem pendingin seperti kipas angin, Cooling Pad atau AC dapat membantu menurunkan suhu kandang. Sistem pendingin dipastikan diatur dan dipantau secara teratur untuk memastikan kinerja yang optimal.
3. Penggunaan kerai atau atap yang memantulkan panas:
Penggunaan naungan atau atap menggunakan bahan yang dapat membantu memantulkan panas, seperti cat berwarna terang atau bahan atap yang memantulkan cahaya. Hal Ini membantu mengurangi pemanasan kandang dari sinar matahari langsung.
4. Pasokan air bersih dan dingin:
Ketersediaan air bersih dan dingin serta jumlah wadah minum yang cukup dengan pemantauan secara berkala. Penggunaaan instalasi khusus untuk menyemprotkan air di dalam kandang.

5. Melakukan penjadwalan Ulang Waktu Pemberian Pakan:
Pada suhu ekstrim perubahan jadwal pemberian pakan perlu dilakukan. Pemberian pakan dapat dilaksanakan pada waktu yang lebih dingin, seperti pagi atau sore hari.

  1. Pemantauansuhudankesehatanayam:
    Pemantauansuhukandang dilakukan secarateraturdengantermometeryangakurat. Yang diikuti pemantauantanda-tandastrespanaspadaayam. Tanda Stres panassepertinapascepat,lesu,ataunafsumakanmenurun.PengontrolansuhuyangbaikdikandangayamselamaElNiñomerupakanlangkahpentingdalammelindungikesehatandankesejahteraanayam.Selainitu,pentinguntukmemantaukondisicuacadanmemantauperkembanganElNiñodenganmenggunakaninformasidariLaman BMKG.
  2. Pengelolaan Pakan dan air minum
    Selama musim El Niño, perubahan pola makan dan ketersediaan pakan serta air minum dapat menjadi masalah bagi ayam, beberapa strategi pengelolaan dan mitigasi yang dapat digunakan untuk mengatasi dampak meliputi:1. Pemantauan ketersediaan pakan:
    SelamaElNiño,curahhujanyangtidakmenentuatauperiodekekeringandapatmengurangiketersediaanhijauandanpakanalamiuntukayam.Pegecekan secara rutinketersediaanpakandikandanguntukmemastikanpakancukup.
  3. Saranahligizi:
    Perubahan Jadwal dan polamakan akan mempengaruhikomposisipakan baik secara kualitas dan kuantitas pakan. perubahanjadwalpemberianmakanyangtepat harus mempertimbangkannilaigiziyangdiperlukanuntukmenjagapertumbuhandankesehatanayam.
  4. NutrisiyangTepat:
    Padasuhuekstrim,nafsumakanayambisamenurun.Pakan yang baik secara kualitas kecernaanmembuatayamtetapmendapatkannutrisiyangcukup.
  5. Penyimpanan Pakan

Suhu yang ektrim akan menimbulkan kelembaban lingkungan akan naik sehingga penyimpanan pakan harus diperhatikan agar pertumbuhan jamur atau mikroorganisme yang dapat mempengaruhi kualitas bisa ditekan.

5. Pasokan air minum yang cukup:
SelamamusimElNiño,suhutinggidapatmenyebabkanayammengalamidehidrasilebihcepat.Ayam selalu mendapatkanairminumyangsegardanbersih. Pemerikaan tangka/Torenairsecarateraturuntukmemastikanpasokanairyangcukup.

  1. Pemantauankualitasairminum:
    Perubahan cuaca saat El Niño dapat mempengaruhi kualitas air minum. Pemeriksaan kualitas air minum dilakukan secara berkala, termasuk tingkat keasaman (pH) dan kekeruhan air. Air minum yang digunakan dihindarkan dari kontaminasi bahan kimia atau mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan ayam.\
  2. Penggunaan sistem air minum yang efektif:
    Penggunaan sistem penyediaan air minum yang efisien seperti penggunaan Nipple dengan tidak mengurangi target konsumsi minum ayam.C. Pemantauan Titer Antibodi dan Vaksinasi yang Tepat
    Selama musim El Niño, pemantauan kesehatan dan vaksinasi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan ayam. Beberapa strategi pengelolaan dan mitigasi yang dapat dilakukan antara lain:

    1. Pemantauan Titer Antibodi darah secara intensif:
    Selama musim El Niño, awasi ayam Anda untuk tanda-tanda penyakit atau stres. Perubahan perilaku, nafsu makan, kondisi kulit, pernapasan dan kualitas kotoran ayam harus segera di tindaklanjuti untuk penanganan didukung dengan pemeriksaan darah untuk melihat titer antibodinya.

  3. VaksinasiyangTepat.
    Vaksinasiyang dilakukan sesuaidenganjadwal, Kondisi ektrim akan memicu munculnya berbagai penyakit. Antibodi ayam yang baik didapatkan dengan pelaksanaan Vaksinasi yang Tepat.
  4. Kebersihankandang
    Kandang diharapkan bersih dan bebas dari kotoran yang menumpuk. Kebersihan yang baik membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit dan menyediakan lingkungan yang sehat bagi ayam. Secara teratur bersihkan dan disinfeksi kandang, peralatan dan area yang digunakan oleh ayam.5. Manajemen Stres.
    El Niño dapat menyebabkan cekaman panas pada ayam karena suhu yang tinggi. Usahakan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk di dalam kandang. Pastikan mereka terlindung dari sinar matahari langsung, suhunya dikontrol dengan baik dan ada persediaan air minum dan Pakan yang cukup.
  5. Pencegahan Penyakit:
    Selain vaksinasi, ikuti tindakan pencegahan lainnya seperti Pengendalian serangga, pemantauan sanitasi lingkungan, dan manajemen kepadatan yang tepat. Lindungi ayam dari penyakit dengan menjaga kebersihan dan kualitas lingkungan kandang.
  6. Pemantauan perubahan lingkungan:
    Waspadai perubahan lingkungan yang terkait dengan El Niño, seperti curah hujan, suhu, dan kelembapan. Ini dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah kesehatan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

PENUTUP
Kejadian El Niño dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap fisiologi ayam, termasuk pertumbuhan, reproduksi, kesehatan dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan. Memahami dampak El Niño pada ayam sangat penting bagi peternak dan peternak untuk mengambil tindakan perbaikan yang tepat guna melindungi kesejahteraan hewan dan memastikan kelangsungan peternakan.

Oleh :
Iman Agus Sutanto, S.Pt, M.M
Widyaiswara Ahli Muda
Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu

DAFTAR REFERENSI
S. P. Singh et al. (2016). Impact of El Niño on Poultry: A Review. International Journal of Livestock Research, 6(11), 1-12.
S. Dey et al. (2018). Impact of El Niño on Poultry Production and Health: A Review. World’s Poultry Science Journal, 74(3), 387-400
D. N. Brugalli et al. (2017). Effects of El Niño and La Niña on Broiler Chicken Performance in Brazil. Brazilian Journal of Poultry Science, 19(2), 261-268
A. E. Dzudzor et al. (2020). Implications of Climate Change on Poultry Production: The Case of El Niño and Its Effect on Broiler Production in the Ejura-Sekyedumase Municipality of Ghana. Climate, 8(5), 57
M. R. Islam et al. (2021). Impact of Climate Change on Poultry Production: A Comprehensive Review. Animals, 11(4), 1033.

Leave a Reply