PASCA IDUL FITRI TETAP SEHAT DAN SEMANGAT - BBPP BATU

PASCA IDUL FITRI TETAP SEHAT DAN SEMANGAT

Peringatan Hari Raya Idul Fitri untuk saling berkunjung dan memaafkan merupakan tradisi di Indonesia, yang ditandai dengan hiruk-pikuk aktifitas mudik untuk mengunjungi orang-tua atau saudara yang dituakan. Dan tentu saja hal ini perlu persiapan dan perjuangan dalam hal kondisi physic Kesehatan, perbekalan dalam perjalanan dan buah tangan tali asih, transpotasi yang memadai dan keuangan yang mantap, serta mental yang tangguh untuk antisipasi segala permasalahan.

Pengumuman Pemerintah sejak Januari 2023 yang lalu tentang pembebasan penggunaan masker pandemic covid 19, benar-benar melegakan masyarakat. Hal ini memberikan jumlah pemudik meningkat 5 kali lipat dari tahun sebelumnya. Tentu saja alternatif penyiapan moda dan jalur transpotasi yang telah disiapkan Pemerintah menjadi kurang memadai dan kemacetan terjadi di semua wilayah Indonesia, terutama pulau Sumatera dan Jawa.

Waktu perjalanan yang menjadi relative bertambah membuat pemudik kelelahan dan depresi. Untuk itu Presiden memberikan kelonggaran bagi ASN, TNI dan Polri agar mengambil cuti lainnya, menunda waktu Kembali dari mudik ke tempat bekerja demi mengurangi kemacetan dan mempertahankan Kesehatan yang prima dalam persiapan bekerja Kembali.

Lebaran Bulan Syawal juga bersamaan dengan fenomena alam terjadinya gerhana matahari cincin yang terjadi setiap beberapa tahun sekali. Dampak fenomena alam ini dapat kita rasakan terjadi peningkatan suhu hampir di semua penjuru, dan paling terasa didaerah Asia dan Afrika yang mencapai 45 derajat Celsius. Tingginya interaksi Idul Fitri dan dampak fenomena alam ini rupanya membuat meningkatnya kembali angka penderita Covid 19 dengan berbagai varian baru. Pengalaman pandemic covid 19 yang sangat mencekam dimasa lalu, sudah harus menumbuhkan kesadaran dan kehati-hatian dalam menghadapi gejolak yang sama.

Disisi lain ketangguhan sector Pertanian yang telah teruji mampu memberikan andalan menopang perekonomian nasional di Indonesia, sangat perlu dipertahankan. Sumberdaya Manusia Pertanian baik aparatur maupun non aparatur sebagai pelaku utama dan pelaku usaha harus lebih cerdas dan mumpuni. Untuk mendapatkan physic yang kuat Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan agar mampu melakukan dan menghimbau keluarga dan masyarakat sekitar untuk:

  1. Tips pertama, cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak. “Jangan menunggu haus,”
  2. Kedua, hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis.
  3. Ketiga, hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi atau payung.
  4. Keempat, memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.
  5. Kelima, hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas.
  6. Keenam,  sebisa mungkin berteduh di antara pukul 11.00 pagi sampai 15.00 siang.
  7. Ketujuh, jangan meninggalkan siapa pun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.
  8. Kedelapan, gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah.
  9. Kesembilan, sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

 

Informasi ini dilansir dari Kompas.com, 25 April 2023, 13:53 WIB.

Pewarta Ir. Tri Handajani, M. Agr ( Widyaiswara Ahli Utama-BBPP Batu)

Leave a Reply