Sinergitas Pemkot Batu bersama Yasinta Emas pada kegiatan Rehabilitasi Lahan dan Hutan - BBPP BATU

Sinergitas Pemkot Batu bersama Yasinta Emas pada kegiatan Rehabilitasi Lahan dan Hutan

Dalam upaya mendukung rehabilitasi lahan kawasan hutan, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu bersinergi dengan Yayasan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat (Yasinta Emas) melakukan penanaman 1.700 bibit kopi jenis Arabika Yellow Caturra dan Cobra di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Kegiatan penanaman bibit kopi dilaksanakan pada Jumat (10/03/2023). Hadir pada kegiatan tersebut Pj. Walikota Batu, Kepala Satuan Daerah di Lingkungan Kota Batu, Ketua Yasinta Emas, Pimpinan Bank Jatim, Kepala Desa Gunung Sari serta Kelompok Tani Mulyo Rejeki.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto menyampaikan ucapan terimakasih atas peran serta Yasinta Emas dalam kegiatan rehabilitasi lahan di Kota Batu melalui pemberian bibit kopi kepada Kelompok Tani Mulyo Rejeki di Dusun Brau.

Pada kesempatan ini,  juga diserahkan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu sebanyak 1.500 sak pupuk organik padat serta paket sarana produksi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, sehingga diharapkan nantinya hasil produksi kopi dapat lebih maksimal.

Sementara Ketua Yasinta Emas, Abu Bakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa tindak lanjut setelah kegiatan penanaman bibit kopi ini, pihak yayasan akan bersinergi bersama BRIN dan juga BSIP untuk terus melakukan pengawalan dan pendampingan baik itu dari segi budidaya, pengolahan dan juga korporasi sehingga nantinya petani tidak akan terkendala dari aspek pemasaran.

Sejalan dengan program Yasinta Emas, Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai menyambut baik program ini, dimana terdapat keinginan bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan. Aries berharap ada banyak lagi wilayah lain yang dapat di support oleh Yasinta Emas untuk pengembangan kopi.

“Saya yakin kopi ini akan menjadi potensi yang luar biasa untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Batu. Sehingga mari bersama kita lakukan pendampingan secara masif agar masyarakat ke depan dapat lebih makmur, sejahtera, meningkatkan kehidupan yang lebih baik dan tentunya menjaga lingkungan kita agar tetap lestari sampai dengan anak cucu kita ke depan” Pungkas Aries. DWI/BBPPBATU

Leave a Reply