Sukseskan Tanam Serentak 1.000 Pohon bersama OASE KIM, BBPP Batu Kementan Wujudkan Indonesia Hijau - BBPP BATU

Sukseskan Tanam Serentak 1.000 Pohon bersama OASE KIM, BBPP Batu Kementan Wujudkan Indonesia Hijau

Dalam rangka kunjungan kerja Ibu Negara beserta Ibu-Ibu Menteri dan OASE KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju), dilaksanakan penanaman 1.000 pohon secara hybrid yang secara simbolis dilaksanakan di sekitar Candi Borobudur – Magelang dan diikuti secara serentak  di 35 Provinsi, termasuk di Provinsi Jawa Timur pada Rabu (01/02/2023).

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian di Jawa Timur, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu turut berpartisipasi mengikuti kegiatan penanaman 1.000 pohon yang terpusat di Dusun Tegalan Poh Desa Wonokerto Kec Sukorejo Kab. Pasuruan.

Selain BBPP Batu, turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut, Instansi dan UPT Kementerian Pertanian lainnya di Propinsi Jawa Timur diantaranya  BPTP Jawa Timur, BBPP Ketindan, Polbangtan Malang, BBKP Surabaya, Pusvetma Surabaya, BBIB Singosari, BBPPTP Surabaya, Balittas, Balitjestro, Lolitsapo, Balitkabi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Pasuruan.

Kepala  BBPP Batu, Sabir, mengatakan bahwa kolaborasi dan partisipasi dari semua instansi ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen terhadap program Ibu Negara dalam mendukung pembangunan pertanian. “Kami turut bangga dapat bergabung dalam gerakan penghijauan ini. Kami siap tanam pohon dan berpartisipasi untuk selamatkan Bumi dan hijaukan Bumi,” ujar Sabir .

Hal ini selaras dengan arahan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menyampaikan bahwa Kementan yang merupakan titik tumpu program Indonesia Hijau akan terus memberikan dukungan kepada Bidang 5 OASE KIM. “Kami juga berupaya menghijaukan Indonesia melalui program tanam 77 pohon saat peringatan HUT RI” tegas SYL.

Sementara  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi. Menghimbau kepada Unit Pelaksana Teknis yang ada didaerah untuk turut mendukung program OASE. “UPT Kementan yang ada di daerah harus hijau, harus ditanami dengan buah buahan lokal khas daerahnya, agar buah-buah lokal bisa lestari” tambah Dedi.

Kegiatan tanam pohon buah ini merupakan bentuk aksi nyata dari program kerja OASE KIM bidang 5, yaitu Indonesia Hijau.

”Dengan penanaman 1.000 pohon diharapkan nanti anak cucu kita bisa ikut menikmati hasil yang kita tanam saat ini, contohnya sekarang saya menanam pohon siwalan/lontar yang kedepan bisa tumbuh dan berbuah nantinya” ujar Ibu Negara, Iriana Joko Widodo Dwi/Salsa/BBPPBATU

Leave a Reply