Dorong Peningkatan Kompetensi Pengelola P4S, BBPP Batu Gelar Pelatihan Manajemen Pelatihan bagi P4S - BBPP BATU

Dorong Peningkatan Kompetensi Pengelola P4S, BBPP Batu Gelar Pelatihan Manajemen Pelatihan bagi P4S

Kementerian Pertanian terus berupaya untuk meningkatkan potensi pertanian di pedesaan melalui Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). P4S adalah lembaga pelatihan swadaya yang memiliki metode permagangan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh pelaku usaha sehingga P4S dinilai memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), berharap P4S bisa menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan pertanian.

“Pembangunan pertanian yang kita lakukan dimulai dari desa. Oleh karena itu, kita memaksimalkan peran P4S sebagai pembaharu pedesaan” kata SYL.

Senada dengan Mentan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menilai bahwa P4S memiliki peran yang sangat strategis sehingga pemerintah mendorong peningkatan P4S untuk mempercepat proses pembangunan pertanian dan pedesaan.

“P4S berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan,” ujar Dedi

“Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk memberdayakan P4S melalui pembinaan secara berkesinambungan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan, maupun pengembangan usaha, mengingat kapasitas pengelola P4S pada umumnya masih perlu ditingkatkan,” tambahnya.

Mendukung hal tersebut, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu sebagai UPT dibawah BPPSDMP menggelar Pelatihan Manajemen Pelatihan bagi P4S yang digelar selama tujuh hari mulai tanggal 24 – 30 Januari 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 pengelola P4S dari Bali dan NTB yang merupakan wilayah binaan BBPP Batu. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kompetensi kerja pengelola P4S.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Sabir, mengatakan bahwa sumber daya manusia dinilai menjadi unsur yang paling dominan dalam mempengaruhi kualitas produksi pertanian dalam pembangunan pertanian.

“Untuk itu, Bapak/Ibu hadir disini untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola P4S agar nantinya bisa melakukan penyelenggaraan pelatihan P4S yang lebih optimal sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia pertanian yang memenuhi kapasitas” ujar Sabir.

Sabir juga menambahkan bahwa kehadiran P4S ini sangat penting bagi BBPP Batu sebagai mitra untuk melatih sumber daya manusia pertanian yang ada diluar sana.

Leave a Reply