Tingkatkan Kompetensi Tim Penilai Angka Kredit Penyuluh Pertanian, BPPSDMP Gelar Bimtek Penilaian Angka Kredit

BATU – Sebagai salah satu jabatan fungsional, Penyuluh Pertanian juga dituntut mengumpulkan angka kredit untuk memenuhi pengangkatan, kenaikan pangkat atau kenaikan jabatan.

Angka kredit adalah satuan nilai dari uraian kegiatan yang ditetapkan dalam butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang jabatan fungsional. Penetapan Angka Kredit ini dilakukan oleh Tim Penilai Angka Kredit yang dibentuk pejabat berwenang. Untuk bisa memaksimalkan evaluasi dan penilaian capaian kinerja Penyuluh Pertanian dalam bentuk angka kredit, dibutuhkan Tim Penilai Angka Kredit yang kompeten di bidangnya.

Peningkatan kompetensi SDM Pertanian merupakan tugas Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa BPPSDMP berada di garis terdepan dalam pembangunan SDM pertanian. “itu berarti segala sesuatu yang terkait peningkatan kapasitas SDM merupakan tugas BPPSDMP,” ujar Dedi.

Selaras dengan hal tersebut, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kabupaten Ngawi melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Angka Kredit Penyuluh Pertanian.

Rangkaian kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 11 – 13 Oktober 2022 di BBPP Batu. Kegiatan diikuti oleh 15 (lima belas) orang Tim Penilai Angka Kredit Penyuluh Pertanian serta Sekretariat Tim Penilai yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi.

Kegiatan Bimtek dibuka pada hari Selasa (11/10/2022) oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu yang diwakili oleh Koordinator Penyelenggaraan Pelatihan, Sugino. Dalam sambutannya, Sugino mengatakan bahwa dalam penyusunan angka kredit apalagi sebagai tim penilai harus mau belajar untuk memenuhi tuntutan zaman. “Dengan perkembangan teknologi yang sekarang sudah sampai era 5.0, kita harus mau berubah mengikuti perkembangan zaman. Ada kemauan, ada semangat, setelah itu kita implementasikan,” ujar Sugino.

Sementara Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi, Eka Sri Rahayu, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi apresiasi bagi para Penyuluh Pertanian untuk menuju jenjang karier berikutnya. “Saya apresiasi adanya kegiatan ini, mudah-mudahan ke depan juga bisa dilaksanakan kegiatan sejenis untuk jabatan fungsional lainnya,” tutur Eka.

Peserta Bimtek, selama kegiatan akan dibekali materi tentang tugas pokok dan fungsi Penyuluh Pertanian, mekanisme pengusulan angka kredit Penyuluh Pertanian, memverifikasi output kinerja Penyuluh Pertanian serta pengembangan jabatan fungsional Penyuluh Pertanian. Dengan Narasumber serta fasilitator yang berasal dari Pusat Penyuluhan Pertanian, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia serta Widyaiswara BBPP Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress