Pemanfaatan Gale dalam Penelusuran Jurnal

 Informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka sangat banyak dan beragam, karena kebutuhan informasi setiap orang berbeda. Pemenuhan informasi diperoleh dari berbagai sumber yang diperoleh pemustaka. Memfasilitasi pemustaka dalam pemenuhan informasi, Perpustakaan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu menyelenggarakan workshop dengan tema “Pemanfaatan Gale dalam Penelusuran Jurnal”. Workshop bertujuan memberikan informasi kepada widyaiswara dalam penelusuran literatur yang dapat diperoleh dari gale sebagai referensi menulis, mengajar, dan aplikasi dilapangan. Tetapi informasi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh widyaiswara saja, pemustaka yang lain juga bisa. Gale dapat dimaknai sebagai sebuah perusahaan penerbitan dalam bidang pendidikan.

Workshop dilakukan pada hari Senin, 19 September 2022, di gelar secara during di ikuti oleh 72 partisipant, yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Bapak Dr. Sabir, S.Pt., M.Si. Disela-sela kesibukan Beliau, Bapak Kepala Balai menyempatkan membuka kegiatan workshop dan menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta worshop, “Kalau kita mencermati pengalaman orang sukses, mereka memiliki karakter moral (beriman, bertakwa, jujur, disiplin), karekter kinerja yang baik (bekerja tuntas, keras, pantang menyerah, fokus), memiliki kompetensi (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif), kemampuan literasi seperti literasi baca”. Contohlah pengalaman dari orang sukses agar kita juga menjadi orang yang sukses.

Materi workshop disampaikan oleh Muhammad Zuhdi S, S.Sos. Beliau adalah pengelola Gale di PUSTAKA Bogor. Penjelasan materi dengan mempraktekkan langsung meningkatkan antusias peserta workshop dalam menyimak. Pada sesi tanyajawab, masih banyak juga hal-hal yang dipertanyakan oleh peserta dan dijawab dengan penjelasan sesuai dengan harapan penanya. Tidak hanya itu saja, saking antusiasnya peserta, setelah worshop berakhir masih juga ada yang japri admin untuk bertanya tentang materi workshop.

Peserta worshop kali ini tidak hanya dari lingkup BBPP Batu, tetapi banyak dari luar bahkan ada dari Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan adanya worshop ini, semoga gale yang dilanggan oleh PUSTAKA dapat termanfaatkan lebih maksimal dan berguna bagi pemustaka dari manapun. ERI/BBPPBATU

artikel juga di post di https://www.swadayaonline.com/artikel/11751/Pemanfaatan-Gale-dalam-Penelusuran-Jurnal/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress