Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI, BBPP Batu Gelar Donor Darah

 

Kementerian Pertanian RI melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan atau BBPP Batu melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini sebagai rangkaian memperingati HUT RI. Seluruh karyawan karyawati beserta anggota DWP BBPP Batu menyumbangkan darahnya pada acara yang digelar di Sport Center BBPP Batu, Jumat (05/08/2022).

Kegiatan donor darah ini terlaksana atas kerjasama BBPP Batu dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, di tengah pandemi tidak hanya berfokus pada penyediaan pangan, namun Kementerian Pertanian harus terus melakukan upaya penanganan terutama yang terdampak COVID-19 “Segala bentuk kebaikan yang kita lakukan sebetulnya adalah investasi kemanusiaan dan sosial,” ujar Mentan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi, menghimbau kepada seluruh UPT untuk melaksanakan gerakan solidaritas peduli kemanusiaan. “Agar kita dapat meringankan beban sesama dan merangkul mereka,” kata Dedi.

Dalam kegiatan ini, terdapat 39 calon pendonor yang ingin berpartisipasi. Setelah melalui proses screening kesehatan terdapat beberapa peserta donor yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi kriteria kesehatan. Dimana penyebab gagalnya tersebut antara lain karena kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi/rendah serta mengkonsumsi obat dalam kurun waktu lima hari sebelum donor.

Kepala BBPP Batu, Sabir menyambut baik kegiatan donor darah ini dan berterimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi “kita melakukan donor ini dalam rangka membantu sesama, mungkin ada keluarga, teman atau saudara kita di luar sana yang memerlukan darah” ujar Sabir.

Hastutik selaku sub koordinator kepegawaian dan rumah tangga BBPP Batu yang ikut mendonorkan darah pada kegiatan ini menyampaikan bahwa dengan menyumbangkan darah, badan menjadi sehat serta aliran darah menjadi lancar. Selanjutnya darah yang terkumpul pada kegiatan donor hari ini akan disalurkan kepada masyarakat yang memerlukan melalui PMI Kota Batu.(*)

artikel juga dipublish di https://www.timesindonesia.co.id/read/news/422060/rangkaian-peringatan-hut-kemerdekaan-ri-bbpp-batu-gelar-donor-darah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress