Ciptakan ASN Generasi Emas Unggulan, Kementan Lakukan Integrasi E-learning dengan LAN

Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengadakan rapat teknis untuk mengintegrasikan e-learning atau LMS (Learning Managament System) yang ada di seluruh UPT Kementerian Pertanian, Selasa (23/08/2022).

LMS LAN atau yang dikenal dengan ASN Unggul Multi Tenancy ini merupakan platform pembelajaran bagi seluruh ASN untuk dapat meningkatkan pengetahuan lintas kementerian atau Lembaga. Dengan adanya integrasi ini diharapkan dapat menciptakan ASN generasi emas unggulan demi mewujudkan birokrasi kelas dunia sebagai jembatan menuju Indonesia Emas 2045.

Rapat teknis ini dihadiri oleh pengelola LMS dari BBPP Batu, BBPP Ketindan, BBPKH Cinagara, PPMKP Ciawi, BBPP Lembang, BBPP Binuang, BBPP Batangkaluku, BBPP Kupang, BPP Jambi dan BPP Lampung. Seluruh UPT diminta untuk mempersiapkan pelatihan yang dapat dibagikan oleh ASN secara umum dengan kapasitas jam pelajaran 2-3 JP.

“Mereka harus dikembangkan secara profesional dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia, https://asnunggul.lan.go.id/ salah satu jembatan ke sana,” tegas Leli Nuryati, Kapuslatan Kementerian Pertanian.

Kementerian Pertanian saat ini memiliki 10 LMS di masing-masing UPT Teknis lingkup Kementerian Pertanian yang nantinya seluruh ASN dapat mempelajari dan mencoba hal-hal teknis pertanian.

Untuk dapat mendaftar pelatihan pada ASN Unggul Multi Tenancy,anda harus melakukan registrasi dengan membuat akun pribadi yang berisi username, password, beserta data lainnya supaya anda menjadi member dari e-Learning ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan registrasi.

Langkah-langkah registrasi pada ASN Unggul Multi Tenancy :

  1. Klik tombol “Masuk” yang berada pada sudut kanan atas layar
  2. Klik tombol “Silahkan Daftar untuk jadi Anggota Baru!”
  3. Masukan NIP dan NIK anda
  4. Isi form yang muncul. Perhatikan bahwa password harus minimal 8 karakter dan merupakan kombinasi dari huruf kecil dan kapital, angka serta tanda baca. Perhatikan pula bahwa e-mail anda valid dan bisa diakses karena hal ini diperlukan untuk langkah ke-4.
  5. Masuk ke akun e-mail yang anda daftarkan dan klik link berwarna biru untuk mengkonfirmasi keanggotaan anda.
  6. Jika berhasil maka anda dapat menggunakan username dan password untuk login ke sistem dan mengakses bagian e-Learning yang bersifat umum.

Akun yang anda buat hanya dapat dipakai untuk masuk ke sistem e-Learning, tetapi belum cukup untuk dipakai mengikuti pelatihan. Jika ingin mengikuti salah satu pelatihan maka anda harus mendaftar pada pelatihan yang anda inginkan. Pendaftaran pelatihan dapat dilakukan oleh Administrator untuk anda atau bisa juga anda lakukan sendiri, tergantung bagaimana Administrator mengaturnya. Untuk melakukan pendaftaran sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Telusuri daftar pelatihan yang tersedia
  2. Klik pelatihan yang akan anda ikuti pada tombol “DAFTARKAN SAYA”
  3. Jika berhasil maka anda langsung dibawa ke daftar materi dari pelatihan tersebut dan anda sudah mulai mengikuti pelatihan dimanapun dan kapanpun. (*)

source : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/424682/ciptakan-asn-generasi-emas-unggulan-kementan-lakukan-integrasi-elearning-dengan-lan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress