Bentuk Dukungan pada Usaha Binaan, BRI Serahkan Mesin Pengolahan Keju Mozzarella

Bank Rakyat Indonesia memberikan bantuan mesin pengolahan keju mozarella ke P4S Permata Ibu Kota Padang Panjang, Minggu (10/1/2022). 

P4S Permata Ibu sebagai salah satu klaster usaha binaan unggulan daerah, menandakan keju mozzarella hadir di Kota Padang Panjang.

Hadir dalam kesempatan ini, Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran B.B.A, Pimpinan BRI Padang Panjang Yori Verdian, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang Ade Nefrita Anas, SP. 

Untuk menunjang keterampilan dan transfer teknologi kepada P4S Permata Ibu, praktik pembuatan keju mozzarella dipandu langsung oleh Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Dr. Dodik Suprapto, S.Pt, M.Sc.

Hilirisasi produk peternakan, seperti halnya pengolahan keju mozzarella adalah langkah strategis untuk meningkatkan nilai tambah dan solusi atas melimpahnya produksi susu segar di Kota Padang Panjang.

Dodik menuturkan bahwasannya untuk menghasilkan 1 kg keju mozzarella dibutuhkan sekitar 9-10 liter susu segar berkualitas. Jika produk ini diterima oleh masyarakat dan dapat dipasarkan secara luas, maka akan dibutuhkan susu segar dalam jumlah besar. “Pemberdayaan masyarakat, khususnya peternak sapi perah akan meningkat dan penciptaan lapangan pekerjaan juga akan bertambah,” jelasnya. 

Tak hanya keju mozzarella, dalam dua hari pendampingan di P4S Permata Ibu juga dilakukan praktik pembuatan ice cream, nugget susu dan es lilin yoghurt. Diharapkan dengan adanya diverifikasi produk olahan susu tersebut, dapat menjadi bekal bagi P4S Permata Ibu dalam menyerap susu peternak sekitar, menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengembangkan pasar. Hal ini sejalan dg outcame yang diharapkan atas dibentuknya klaster usaha oleh BRI. 

Agar program yang telah dirintis ini dapat semakin berkembang, selanjutnya dilaksanakan penandatanganan MoU antara BBPP Batu dan BRI Padang Panjang tentang pendayagunaan SDM ketenagaan pelatihan yang kompeten dalam pengolahan susu. Yori Verdian selaku pimpinan BRI Padang Panjang sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas dukungan BBPP Batu dalam mewujudkan Padang Panjang sebagai sentra UMKM berbasis olahan susu di Sumatera Barat.

Ridwansyah selaku pengelola P4S Permata Ibu menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan segera memasarkan keju mozzarella Padang Panjang. “Dalam minggu ini kami akan selesaikan formulasi produknya, InsyaaAllah dengan bimbingan Widyaiswara BBPP Batu prosesnya akan berjalan lancar,” imbuhnya. Rencananya akan dibuat beberapa varian keju mozarella agar sesuai dengan permintaan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress