BPPSDMP Dukung Ketahanan Pangan Asal Ternak Melalui Pelatihan Pemeriksaan Kebuntingan

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk 273 juta jiwa memiliki tantangan tersendiri dalam upaya mengamankan pasokan pangan bagi masyarakat, salah satunya adalah pangan hewani. Pangan hewani asal ternak sebagai sumber protein berkaitan erat dengan pembangunan SDM suatu bangsa, dimana ketersediaannya baik secara kuantitas maupun kualitas apabila tidak terpenuhi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan, mempengaruhi pertumbuhan fisik serta intelegensia  masyarakat. Begitu  pentingnya ketersediaan produk peternakan dalam masyarakat hingga Pemerintah menetapkan pangan hewani sebagai salah satu unsur dalam sembilan bahan pokok di Indonesia.

Populasi penduduk yang terus bertambah serta peningkatan pendapatan menciptakan permintaan akan protein hewani yang terus meningkat, salah satunya adalah permintaan terhadap daging. Berbagai strategi telah disusun oleh Pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi peternakan, diantaranya melalui program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri). Program ini merupakan program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi dan kerbau di Indonesia melalui kegiatan Optimalisasi Reproduksi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan “Untuk pemenuhan pangan hewani dalam negeri, semua harus di-PAKSAKAN, yaitu singkatan dari Planning yang benar, Atensi yang besar, Knowledge, Skill, Action, dan Komitmen Atas dasar Negeri.”    

Program utama pembangunan pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia dapat dilakukan dengan gerakan nasional. Hal tersebut meliputi peningkatan produktivitas, produksi, dan ekspor, peningkatan populasi ternak, pengembangan SDM, serta penerapan mekanisme pertanian dengan ekspansi pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. Peran SDM sangat penting dalam pertanian. Karena SDM yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Oleh karena itu, Kementerian akan terus berupaya untuk  meningkatkan kapasitas SDM baik lewat pelatihan maupun bimtek  

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi hal penting. Karena melalui Sumber Daya Manusia yang berkualitas akan dapat menciptakan inovasi serta  terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian.  

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan pertanian dan mendukung ketahanan pangan asal ternak, maka Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu melaksanakan Pelatihan PKB (Pemeriksaan Kebuntingan) bagi non aparatur pada tanggal 26 Januari – 8 februari 2022 yang diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari Propinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, Sulawesi Selatan dan NTB.  

Pemeriksaan kebuntingan merupakan salah satu tindakan yang penting dilakukan untuk mengetahui bunting atau tidaknya seekor ternak sapi/kerbau atau untuk mengetahui normal atau tidaknya saluran reproduksi saluran reproduksi ternak tersebut. Pemeriksaan kebuntingan ini juga merupakan salah satu cara untuk memonitor dan membuktikan hasil Inseminasi Buatan secara cepat dan layak. Dengan demikian maka dapat di prediksikan kondisi kebuntingan sapi, sekaligus dapat mencegah kondisi gangguan reproduksi maupun gangguan kelahiran pada sapi saat melahirkan  

Pelatihan PKB di buka oleh Kepala Bagian Umum BBPP Batu, Sugino. Dalam arahannya ia menyampaikan  “Kunci utama apakah ternak tersebut dalam kondisi bunting adalah pada pemeriksaan kebuntingan, sebagai peserta harus mempunyai tujuan didalam diri untuk menciptakan individu yang ahli dalam melaksanakan pemeriksaan. Dengan pelatihan ini, diharapkan juga akan menunjang suksesnya program pemerintah SIKOMANDAN.” pesannya.

“Mengingat perkembangan penduduk yang semakin cepat, yang diiringi dengan pertambahan angka kelahiran ternak, maka pelatihan bagi para peternak akan terus digalakkan.” imbuh Sugino.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress