Kostratani, Semangat Penyuluh untuk Kesejahteraan Petani

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan suatu program pemerintah dalam pembangunan pertanian pada tingkat kecamatan. Dimana pada tingkat struktur pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan petani yang ada di pedesaan.

Sebagai komando strategis pembangunan pertanian yang sangat penting dan harus mendapat perhatian secara maksimal, maka Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu mempunyai tugas untuk memberikan penguatan kepada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Konstratani yang ada di wilayah pendampingannya.

Salah satu kegiatannya BBPP Batu bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) kabupaten Malang mengadakan Pelatihan Manajerial Pelatihan BPP Kostratani selama 3 hari mulai tanggal 14-16 Juni 2021 bertempat di aula DTPHP kabupaten Malang di Kepanjen dan diikuti serta diwakili oleh seluruh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di kabupaten Malang sejumlah 30 Kecamatan. Dimana tujuan dari pelatihan adalah Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pertanian di BPP Konstratani agar dapat menguasai informasi Teknologi (IT) untuk membantu mensejahterakan petani.

Pada acara pembukaan itu disampaikan arahan dari Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu yang diwakili oleh Tri Handayani. Dikatakan beliau bahwa berdasarkan PP Permentan 49 tahun 2019, BPP Konstratani yang ada dikecamatan harus mempunyai peran yang optimal untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan kesdaulatan pangan nasional.

Dengan optimalisasi teknologi informasi ini diharapkan segala masalah yang dihadapi dilapangan dapat diselesaikan dengan baik, tepat dan cepat. Terlebih itu adanya data dan informasi yang lengkap tentang wilayah yang ada didalamnya juga sangat penting untuk mengetahui potensi yang ada.

Dalam sambutan selanjutnya kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) kabupaten Malang yang diwakili oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana Penyuluhan Ir. Moch Ronny menyampaikan pesan kepala dinas agar semua penyuluh yang ada di BPP Kostratani selalu bersemangat mengikuti pelatihan manajerial ini agar dalam menjalankan tugas dan fungsi nya dapat meningkatkan keberhasilan di sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui pembangunan pertanian di kecamatan sebagai tingkat awal dari semangat Konstratani.

Dalam pelatihan manajerial ini, penyuluh akan dibekali tentang bagaimana BPP Konstarani sebagai tempat pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha dalam meningkatkan kemampuan, penumbuhan motivasi, pengembangan potensi, pemberian peluang usaha , peningkatan kesadaran, pendampingan serta fasilitasi inovasi dan pusat informasi.

Dengan demikian pembangunan pertanian dapat menjadi maju dan mandiri untuk dapat memenuhi kebutuhan dan ketersediaan pangan secara loka maupun nasional. Semoga dukungan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian ini sukses melalui semangat Konstratani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress