BPP Kostratani Sugio Menggeliat dengan Porang

BPP Sugio Model Kostratani Kabupaten Lamongan melakukan kegiatan pendampingan di kelompok tani Tani Sejahtera Gebangan Desa Kalitengah kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan dalam hal persiapan panen tanaman porang.

Sumadi SP, korwil BPP Sugio mengatakan, “Tanaman porang siap untuk dipanen kurang lebih berumur 1,5 tahun dengan ciri ciri batangnya sudah mengering dan umbinya tampak besar.

Tanaman ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi hal ini bisa kita lihat dari harga jual ke pengepul mencapai Rp. 8.000 per kg. Rata rata berat umbi mencapai 2 sampai 3 kg. Harga per biji umbi porang sebesar Rp.20.000. Untuk kebutuhan bibit porang mencapai 4000 biji per Ha. Jadi pendapatan petani per Ha bisa mencapai Rp.80.000.000 per Ha, begitu jelasnya.

Menurut Syahrul Yasin Limpo, komoditas porang saat ini potensinya semakin besar dengan terus meningkatnya permintaan ekspor untuk bahan pangan alternatif dan bahan baku kosmetik.

“Komoditas porang dalam bentuk tepung dan chips saat ini di ekspor ke 16 negara antara lain, China, Jepang, Thailand, Taiwan, dan Myanmar. Beberapa negara lainnya masih meminta kepada Indonesia untuk mengekspor komoditas porang ke negaranya,” katanya.

Lebih lanjut Sumadi menambahkan, BPP Sugio mulai mencoba mengembangkan tanaman porang ini tidak pada lahan tanaman pangan tetapi pada lahan yang berada pada sekitar waduk Gondang dan di Lahan Masyarakat Daerah Hutan. Untuk luas tanam mencapai 2,5 Ha tersebar di Desa Kalitengah, Desa Gondanglor dan Desa Jubelkidul.

Siti Kamsiah, salah satu PPL BPP Sugio mengatakan, Tanaman porang ini mudah ditemukan tumbuh secara liar di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar, dan di daerah waduk. Namun saat ini petani belum banyak yang telah membudidayakan tanaman ini.

Karena kandungan glukomannan pada umbinya, porang banyak dimanfaatkan di bidang industri dan kesehatan. Tepung porang dapat digunakan sebagai bahan lem, agar-agar, mi, tahu, kosmetik, dan roti.

Tepung porang juga bermanfaat menekan peningkatan kadar glukosa darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam darah, begitu ucapnya.

Abu sebagai petani mengatakan, untuk menanam tanam porang ternyata sangat mudah. Pembibitan tanaman ini bisa dimulai dari potongan umbi batang, umbi yang telah memiliki titik pertumbuhan dan umbi katak. Atau dengan menanamnya langsung dari biji bunganya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress