BBPP Kota Batu Gelar Pelatihan Kerjasama RI–Korea

BBPP Kota Batu Gelar Pelatihan Kerjasama RI–Korea
Kepala BBPP Batu, Dr Wasis Sarjono SPt MSi dan suasana pelatihan kerja sama RI – Korea.

Pelatihan luar biasa kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Korea Institute For Animal Product Quality Evaluation (KAPE) dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kota Batu, di Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur.

Pelatihan yang sudah dilaksanakan bertahun-tahun di Korea Selatan ini, akhirnya tahun ini dilaksanakan di Indonesia. BBPP Batu terpilih menjadi tuan rumah pelatihan Building Bon Livestock Produck Quality Evaluation Technology Development With Traceability System.

bbpp batu b

Pelatihan yang dilaksanakan secara Hybrid ini dibuka hari ini (30/11/2020) selama lima hari. Ikut hadir dalam pembukaan pelatihan Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jatim, Drs H Hasan Aminudin, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian, Prof Dr Ir Dedi Nursyamsyi M Agr, Direktur Pemasaran Hasil Peternakan, Dirjen PKH, Dr Ir Yulistyo MSc.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan Kapuslatan kepada Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, bagi kami hal ini merupakan kehormatan karena dari 10 UPT yang diseleksi, akhirnya BBPP Kota Batu menjadi pilihan bagian SDM,” ujar Kepala BBPP Batu, Dr Wasis Sarjono SPt MSi.

Menjadi tuan rumah merupakan sebuah kehormatan bagi BBPP yang sudah menjadi tuan rumah 3 kali pelatihan berskala internasional.

Terlebih pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari, mulai hari ini hingga 5 Desember 2020 ini sudah dilaksanakan di Korea bertahun-tahun dan tahun ini akhirnya dilaksanakan di Indonesia.

Kelebihan pelatihan ketika dilaksanakan di Indonesia, menurut Wasis kasus-kasus yang diangkat dalam pelatihan ini benar-benar mencerminkan kondisi yang ada di Indonesia dengan panduan dan pendekatan inovasi yang mengacu pada model pengembangan industry peternakan global model Korea.

Pelatihan yang dilaksanakan ini adalah tentang pengolahan produk peternakan asal ternak daging. Dalam pelatihan ini peserta diajak memahami berbagai kegiatan dan kebijakan produk peternakan untuk mengarahkan perkembangan industry peternakan global dengan menggunakan model Korea.

Pelatihan ini juga memberikan peluang benchmarking bagi pengembangan industry peternakan (daging, babi, ayam, bebek dan telur) melalui program pelatihan. Memahami kualitas dan keamanan sistem control pangan dalam produksi dan sistem penelusuran distribusi ternak.

bbpp batu c

Sekaligus untuk memandu pengembangan kebijakan lokal, teknik pertukaran dan pengembangan perusahaan bersama di bidang peternakan. Menurut Wasis, pelatihan ini menjadi menarik, karena biasanya pelatihan dilaksanakan hanya untuk meningkatkan ketrampilan sikap, namun pelatihan yang dilaksanakan di BBPP ini komplit. Karena setelah diberikan materi, para peserta melakukan diskusi kemudian diimplementasikan dengan pendekatan metodologi.

Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari 10 UPT Teknis Kementerian Pertanian, ada yang dari Banjarnegara, Kupang, Batu, Grati dan beberapa UPT lainnya. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Stragic Planning Division/Internationalization Project and ODA, MS Onyu Jeong.

Ada empat materi utama yang disajikan pertama tentang understanding of laws and organization, Animal Product Quality Evaluation of KoreaKorea Livestock (beef, pork & poultry) Traceability system dan trade and distribution of livestock products.

“Pelatihan secara virtual ini hanya pengantar, selanjutnya peserta akan difasilitasi tiga fasilitator dari Balai Batu,“ ujar Wasis. Ia berharap setelah pelatihan ini masing-masing peserta membuat action plan yang dibuat secara spesifik disesuaikan dengan karakter masing-masing UPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress