Begini Cara Dinas Pertanian Papua Cetak Siswa Berkualitas

BBPP Batu kedatangan tamu istimewa dari Dinas Pertanian dan Pangan Povinsi Papua, Jumat (21/8/2020).

Kunjungan terasa istimewa kunjungan ini di hadiri Kepala Dinas dan di temui lansung oleh Kepala Balai BBPP Batu, dalam rombongan tersebut antara lain Ir. Semuel Siriwa, M.Si, Ir. Joice Katerina Ongge, M.Si dan Yohanis Rumba, SP, robongan di temui langsung oleh Ka Balai Dr. Wasis Sarjono ,S.Pt M.Si dan Pejabat struktural serta beberapa Widyaiswara, rombongan di terima diruang KaBalai dengan pokok bahasan antara lain membicaran masalah kerjasama tenaga pendidikan untuk Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) daerah Papua. 

Ir. Semuel Siriwa, M.Si yang juga Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Papua mengatakan pihaknya ingin ada dukungan dari widyaiswara BBPP Batu mengenai tenaga pengajar di sekolahnya. Sebab ia berharap siswa lulusan dari SPP punya standar yang sama dengan sekolah yang ada di Jawa.

Ia mengungkapkan saat ini kita belum bisa mengadakan pembelajaran secara konvensional. “Kami masih mengadakan pembelajaran secara virtual namun tentunya akan minta desain pembelajaran yang sesuaidenga kondisi sekarang iniyaitu Model pembelajaran diarahkan ke aplikatif/ terapan dengan materi dititik beratkan pada ternak potong, ternak unggas dan kelinci, dan yang tidak kalah pentig materi tentang bagaimana memberikan penyadaran bagi peternak tentang manfaat Inseminasi Buatan (IB), dan juga ternak lokal yang sesuai dengan budaya lokal (budidaya Babi), karena di papua kalau ada pesta dan tidak potong babi maka peserta tersebut rasanya belum lengkap, karena hapir perta memotong babi berarti kebutuhan akan ternak babi sangat tinggi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dr. Wasis segera menanggapi permintaan tersebut dengan segera akan meluncurkan kurikulum yang sesui dengan kondisi di papua serta akan di terbitkanya vidio – vidio pembelajaran praktis yang menunjang pembelajaran para siswa, dan vidio tersebut bisa di putar berulang – ulang agar siswa lebih paham terntang materi yang diberikan oleh para widyaiswara BBPP Batu ujarnya.

Selanjutnya untuk melengkapi referesi rombongan diajak keliling instalasi diantaranya melihat langsung  instalasi peternakan sapi perah, sapi potong, pengolahan limbah ternak, ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB)dan ayam petelur omega-3.

Kegiatan ini tentunya ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menaruh harapan pertanian pada generasi milenial dengan harus berani menjadi petani-peternak maupun mendirikan startup pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress