Sukseskan Kostratani Kementan RI, 64 BPP Ikuti Pelatihan IT Serentak

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), merupakan program utama Kementan RI yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Gerakan pembaharuan di mana pembangunan pertanian dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat Kecamatan.  

Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di Kecamatan. 

Kostratani berbasis teknologi dengan dukungan big data memiliki skala besar. Mengingat data pertanian nasional begitu besar dan kompleks. 

Dukungan penyuluh pertanian pun diharapkan mendorong petani untuk lebih memanfaatkan inovasi teknologi pertanian serta kemajuan teknologi sehingga pembangunan pertanian dapat menjadi pertanian yang maju, mandiri, dan modern. 

Senada dengan Menteri pertanian Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pada video conference Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) di Jakarta. 

Suasana-Pelatihan-IT.jpg

Pembentukan BPP model KostraTani berbasis teknologi informasi 4.0, BPPSDMP dengan PHLN. Pertama, Proyek Integrated Participatory Development and Managemen of Irigation Project (IPDMIP) untuk 480 BPP bertahap, 106 BPP pada 2020 dan 374 BPP pada 2021.

Untuk membekali para admin di Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, Kota Malang dan Kota Batu.

Pelatihan IT untuk mendukung kostratani melalui virtual meeting dilakukan serempak melalui on line  dengan jumlah sebanyak 68 BPP merupakan Kostratani binaan BBPP Batu 

Kepala Bidang Penyelenggaraaan Pelatihan dalam acara pembukaan mewakili Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si, menyampaikan respon cepat dari penyuluh sangat di harapkan untuk mensukseskan program ini.

Pada kesempatan ini juga diperoleh beberapa masukan dari diskusi berupa perlunya penumbuhan kelembagaan ekonomi petani, aplikasi e E-RDKK dan simluhtan.

Kegiatan Virtual Meeting ini dihadiri Kepala BPP, para Penyuluh dan admin dari masing-masing BPP.

Akhir dari kegiatan ini dilakukan diskusi dengan para penyuluh yang mendukung program kostratani. Materi disampaikan oleh Tim IT Kostratani BBPP Batu yaitu materi Aplikasi e-RDKK, Aplikasi Laporan Utama Kementan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress