Inovasi E-SIANI Kementerian Pertanian RI Menuju Kesejahteraan Petani Perkebunan

Artikel Pertanian Berita

Inovasi merupakan susuatu ide, produk, informasi teknologi, perilaku, nilai-nilai, dan praktek-pratek baru, yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan/ diterapkan/dilaksanakan oleh sebagian besar warga masyarakat dalam suatu lokalitas tertentu, yang dapat digunakan atau mendorong terjadinya perubahan-perubahan disegala aspek kehidupan masyarakat demi selalu terwujutnya perbaikan-perbaikan mutu hidup setiap individu dan seluruh warga masyarakat yang bersangkutan. 

Menteri pertanian menyatakan inovasi terus dikembangkan untuk menuju kesejahteraan petani, dengan inovasi ini akan mempercepat pembangunan pertanian, apalagi bidang perkebunan ini nilai eksportnya sangat tinggi tegas mentan Dr. Syahrul Yasin Limppo, SH. MH. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Prof. Dedy Nursyamsi, menyampaikan bahwa di kondisi covid 19 inovasi yang di kembangkan pada tanaman perkebunan dapat menambah nilai imunitas bagi manusia dalam mencegah covid 19 dan nilai eksport bagi bangsa Indonesia yang terus meningkat. 

Inovasi E-SIANI merupakan salah satu pelayanan kepada masyarakat di bidang perkebunan yang meliputi layanan dokter tananaman (Sinanda), pengujian mutu APH dan quality control, pengujian mutu pestisida, pengujian residu pestisida dan logam berat pada hasil pertanian, sertifikasi benih, system pelayanan uji mutu benih (Sijitu) (standar, DNA, dan Kesehatan benih) yang di laksanakan oleh Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya di Jln. Raya Mojoagung – Jombang.

Kepala BBPPTP Surabaya Dr. Drh. Kresno Suharto, MP menyatakan bahwa pelayanan tetap melakukan protokol covid 19 yaitu cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, pengunaan masker dan menjaga jarak. Pada kondisi covid 19 ini pelayanan mengunakan pengiriman sampel, teleconfrens, email, zoom meeting. 

Sebagai peningkatan SDM pertanian untuk menambah wawasan, pengetahuan, motivasi, sikap dan implementasi dalam bekerja di bidang PPID, SPI, Abdibaktitani dan pengembangan inovasi, pegawai Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu melakukan study banding/ magang ke Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan pada 13 Juli 2020 lalu. 

Dalam sambutan kepala BBPPTP menyampaikan bahwa dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya petani di bidang perkebunan harus yang memberikan dampah peningkatan kesejahteraan petani yang di mulai dari benih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *