BPPSDMP Gelar Evaluasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelatihan di Masa Pandemi Covid-19

BBPP Batu mengikuti pertemuan evaluasi penyelenggaraan pelatihan semester I 2020, Senin (29/6/2020).

Kegiatan ini sebagai langkah peningkatan kualitas penyelenggaraan pelatihan yang sudah dilaksanakan perlu dilakukan evaluasi secara comprehensip mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

Ka. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, (BPPSDMP) Dedy Nursamsi dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa peningkatan produktivitas pertanian tidak bisa hanya dengan memperluas lahan atau mencetak sawah baru tetapi pengungkit produktivitas adalah SDM. 

“Disinilah peran kita diperlukan bagaimana mencetak SDM yang mampu bersaing baik di dalam maupun di luar negeri. Dalam masa pandemi covid 19 pertanian tidak boleh berhenti termasuk kegiatan mencetak SDM melalui pelatihan juga tidak boleh berhenti,” tegas Dedy.

Puslatan dengan segala kreativitasnya bersama 10 UPT dibawahnya telah sukses menyelenggarakan pelatihan online yang dikemas dalam BOC (Bertani on Cloud) melalui zoom meeting. 

Pertemuan evaluasi penyelenggaraan pelatihan semester I 2020 diharapkan dapat menghasilkan acuan yang bisa digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas purnawidya pelatihan baik pelatihan mendukung komoditas strategis nasional maupun pelatihan vokasi.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengingatkan tentang 3 program aksi BPPSDMP yang didalamnya ada peningkatan pelatihan vokasi, pengembangan P4S dan membangun kerjasama. 

Dalam masa pandemi covid 19 kita tetap harus produktif dalam melakukan pengembangan P4S. Setiap kelompok tani maupun petani milenial yang sudah mandiri dan aktivitasnya telah melakukan transfer teknologi kepada pengunjung bisa dijadikan P4S. Semakin banyak P4S terbentuk akan semakin memperkuat fungsi kita sebagai pendamping P4S.

Kepala BBPP Batu, Wasis Sarjono dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa tindak lanjut dari BOC telah dilakukan oleh BBPP Batu dengan membuat e learning Juleha yang siap dijual ke pasar melalui mekanisme kerjasama. Inilah hikmah yang diambil oleh BBPP Batu, dalam keterbatasan anggaran dimasa pandemi covid- 19 BBPP Batu tetap produktif dalam berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress