Kementan RI Ajak Petani Lakukan Percepatan Tanam Padi di Jawa Timur

Menteri Pertanian RI Dr. Yasin Yasin Limpo, SH. MH menyatakan percepatan tanam padi di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Produksi padi di Jawa Timur khususnya Kabupaten Tuban mencapai 12 ton/ha dengan biaya produksi rata – rata 15 Juta/ ton. Meteri pertanian meminta agar di Jawa Timur ada Suit Estate adalah suatu wilayah Pengembangan usaha tanaman padi yang di kelola dari hulu sampai hilir.

Turut hadir kegiatan tersebut Wakil Gubernur Emil Dardak, Bupati Tuban Fathul Huda, Kadis Pertanian Provisi Jatim, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, komisi IV DPR RI ibu Farida dan pejabat eselon I serta Kepala UPT Pusat di Jawa Timur.

Wakil Gubernur Dr. Emil Dardak menyatakan bahwa potensi pertanian di Jatim perkembangannya sangat maju memohon kapada seluruh stake holder, pejabat, dan dewan untuk menjaga dan memantau agar harga produk tersebut menguntungkan bagi petani. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Murtaji, S.Pi. MM yang di damping penyuluh pertanian Kecamatan Widang mengatakan  luas lahan pertanian 5,600 ha dan padi yang telah di tanami sampai Juni 2020 seluas 204 ha. Sedang Kabuapten Tuban dengan luas lahan baku sawah 66.534 ha dengan luas panen padi tahun 2019 seluas 91.200 ha dan provitas nya 5,70 ton/ha dengan produksi beras mencapai 298.286 ton. Target tanaman padi bulan Apri-September 2020 mencapai 29.787 ha. 

“Gerakan percepatan tanam padi di Kabupaten Tuban ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang mengintruksikan pemerintah daerah yang menjadi lumbung pangan di daerah agar melakukan percepatan tanam. Maka hari ini Jumat 26 Juni 2020, kami sangat mengapresiasi kerja keras Pak Menteri Pertanian hadir di Tuban untuk memberi semangat kepada petani dan kami pemerintah daerah,” ujar Bupati Tuban Fathul Huda.

Pada kesempatan ini Mentan RI Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan kepada kelompok tani secara simbolis berupa benih padi hibrida, benih jagung,power therese multiguna, klaim asuransi pertanian serta KUR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress