Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Pemanfaatan Kartu Prakerja

Artikel Umum Berita
Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Pemanfaatan Kartu Prakerja
Kerjasama Kartu Pra-Kerja oleh Kemankertrans dan Kementan.

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu beserta Balai Besar Pelatihan Pertanian Lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian mengikuti rapat koordinasi melalui Zoom Aplikasi mengenai Pemanfaatan Kartu Prakerja, Rabu, (24/6/2020).

Adapun tujuannya adalah memperoleh informasi mengenai kartu prakerja, syarat dan cara mendapatkannya. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Ir. Bustanul Arifin cahya, M.DM.

Menurutnya adanya Covid-19 sangat berdampak terhadap perubahan baik secara sosial dan ekonomi. Salah satu akibat yang jelas terlihat adalah pengurangan tenaga kerja dan pemutusan hubungan kerja secara sepihak atau PHK.

Dalam keadaan seperti ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan dan pulang ke desa. Dan orang-orang yang pulang ke desa akan melakukan pekerjaan seperti bertani. ”Kartu prakerja dapat diperoleh oleh orang yang terkena PHK, orang yang sulit dalam memperoleh pekerjaan, UMKM yang sulit mengembangkan usahanya dan syarat untuk mendapatkannya adalah bagi mereka yang telah melakukan pelatihan dan telah mendapatkan sertifikat dari Bandiklat,” jelasnya.

Kementanc0702636d928461c.jpg

“Dengan demikian agar menjadi perhatian bagi UPT Bandiklat agar melakukan pendaftaran di Sistem informasi Ketenagaan Kerja, dan membuat materi dan janis pelatihan yang menarik agar para pencari kerja tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut,” tambahnya.

Narasumber dari Kementeriaan Ketenagakerjaan RI, Mukhtar Aziz menjelaskan bahwa kartu prakerja merupakan kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki pekerjaan.

Bagi UPT bandiklat pertanian yang ingin melakukan kerjasama mekanisme yang perlu dilakukan adalah menyampaikan surat untuk melakukan pendaftaran pada platform digital Sisnaker, disampaikan secara elektronik melalui email barangbangprakerja@kemnaker.go.id dengan melampirkan bukti Satker PNBP, Fotocopy Scan Nomor Rekening BNI atas nama lembaga pelatihan, dan nama kantor cabang BNI, kode satker, daftar dan jenis program pelatihan online yang diusulkan, ketersediaan Learning Manangement System pelatihan, alamat link website, Scan VIN Bercode berikut profil LPK, No dan alamat email LPK, data instruktur dan tenaga pelatih, daftar rekapitulasi LPK, dan Fotocopy/scan sertifikat akriditasi dari lembaga akriditasi lembaga pelatihan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *