Mampu Tingkatkan Imun, BBPP Batu Terus Produksi Yoghurt

Artikel Umum Berita

BBPP Batu memproduksi yoghurt. Bahkan balai diklat yang dulu dikenal dengan Balai Diklat Persusuan juga menjual produk yoghurt dan juga melatih aparatur dan non aparatur untuk membuat yoghurt.

Sebagai informasi yoghurt terbukti mampu meningkatkan kemampuan tubuh manusia. Yoghurt sebagai susu yang telah difermentasi ini memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari produk asalnya susu. Disebutkan dalam jurnal of food protection (Deeth dan Tamime, 1981) kandungan energi, protein dan kalsium pada yoghurt lebih tinggi dari susu segar. Serta kandungan Vitamin B (B1, B2, B6) pada yoghurt lebih tinggi dibandingkan dengan susu.

Suatu penelitian yoghurt untuk meningkatkan daya tahan tubuh dilakukan pada tikus dengan judul “Kemampuan Yogurt Sinbiotik Berbasis Probiotik Lokal dalam Mencegah Diare dan Meningkatkan Imunitas Tikus Putih (Rattus norvegicus)” oleh peneliti Astawan et al (2012).

Hasil penelitian tersebut adalah Pemberian secara oral yogurt sinbiotik yang mengandung 109 cfu bakteri asam laktat/ml/hari selama 21 hari secara nyata meningkatkan respons imun tikus, yang ditunjukkan dengan meningkatnya sel limfosit di hari ke-14, penurunan MDA hati pada hari ke 14 dan 21, dan meningkatnya aktivitas SOD hati pada hari ke-14.

Calon Widyaiswara, Prima Puji Raharjo, S.Pt. M.Si membuat yoghurt home made di rumah saat situsi KLB Covid-19. “Kita terapkan ilmunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, buat yoghurt sendiri di rumah yuk,” kata dia.

Sementara itu kepala BBPP Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt. M.Si., mengatakan bahwa peternak tidak berhenti bekerja, mereka mempersiapkan kebutuhan nutrisi masyrakat seperti peternak sapi perah yang memproduksi susu.

“Susu kaya akan vitamin dan gizi, bagus sekali untuk daya tahan tubuh, ditambah lagi jika sudah diolah menjadi yoghurt,” tegas Kepala BBPP Batu. Ia juga mengajak semua pihak lawan covid-19 dengan konsumsi asupan nutrisi tinggi, rajin cuci tangan, sosial distancing, physical distancing dan rajin berolahraga.

#PertanianTidakBerhenti
#PertanianCegahCovid-19
#KamiPetaniBekerjaUntukKamu,KamuDirumahAjaUntukKami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *