BBPP Batu Terapkan Protokol Masuk Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Artikel Umum Berita
BBPP Batu siapkan masker bagi THL sebagai upaya mencegah Covid-19.

BBPP Batu menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid- 19.

Hal tersebut sesuai dengan komitmen Kementan RI dalam upaya pencegahan Virus Corona. Merujuk pada Keputusan Presiden No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Menpan – RB No 19/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Instansi Pemerintah, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan langkah strategis mencegah dan melindungi pegawai dari penyebaran wabah Corona.

“Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu menempuh langkah strategis dalam pembatasan aktivitas manusia dengan ketentuan Bekerja Dari Rumah atau Working From Home (WFH) sejak 19 Maret 2020,” kata Kepala BBPP Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si diruang kerjanya.

Lebih lanjut ditegaskan sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Nomor 1044/SE/KP.370/A/03/2020 tentang Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Lingkungan Kementerian Pertanian Dalam Rangka Pencegahan dan Perlindungan dari Wabah Penyakit Virus Corona (Covid-19). Dijelaskan apabila karena sesuatu keadaan yang mendesak dan sangat penting, pegawai yang bertugas secara WFH dapat keluar rumah dengan persetujuan/izin dari atasan langsungnya.

“Perlu diperhatikan saat masuk rumah, seluruh pegawai BBPP Batu harus tetap hati-hati untuk meminimalkan risiko terpapar virus Corona. Selalu menjaga diri dan biasakan berperilaku hidup bersih dan sehat,” tegas Dr. Wasis.

Ia menambahkan selalu mematuhi imbauan yang diberikan pemerintah, seperti menjaga jarak atau physical distancing dengan orang lain minimal satu meter.

Berikut ini Protokol Masuk Rumah sebagai langkah #pertaniancegahcorona bersumber dari Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB):

1. Sesampainya di rumah, jangan sentuh apapun terutama keluarga Anda, dan barang-barang yang rentan disentuh anggota keluarga Anda.
2. Buka sepatu sebelum masuk rumah.
3. Masukan pakaian ke dalam keranjang cucian dan pisahkan dengan pakaian anggota keluarga.
4. Letakkan tas, dompet, kunci, dan lain-lain segera semprot dengan cairan disinfektan.
5. Segeralah mandi dengan sabun untuk membersihkan badan.
6. Jika tidak memungkinkan untuk mandi, pastikan cuci semua area kulit yang terpapar udara di luar.
7. Bersihkan ponsel dan kacamata dengan cairan alkohol atau disinfektan.
8. Bersihkan permukaan atau benda yang kamu bawa dari luar dengan cairan disinfektan.

“Semoga kita semua terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona yang dinyatakan terdeteksi di Indonesia” tutup Dr. Wasis Sarjono, S.Pt. M.Si, Kepala BBPP Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *