Upaya Pencegahan Covid-19, BBPP Batu Produksi Hand Sanitizer

Tenaga Laboran Lab. Susu, Iilfarm Make A, sedang mempraktekkan pembuatan hand sanitizer, Selasa (24/3/2020)

Kepala BBPP Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M. Si langsung memerintahkan kepada semua pegawai di BBPP Batu untuk senantiasa menjaga kebersihan terutama pada kedua telapak tangan.

Perintah ini sebagai tindak lanjut instruksi Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M.Agr.

Ia menginstruksikan bahwa di setiap UPT Lingkup BPPSDMP agar dapat menyediakan pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer sebagai upaya pencegahan penularan covid-19.

Sejalan dengan itu, Laboratorium susu BBPP Batu dengan Ketua Divisi Pengolahan Susu, Pontjo Tri Andajani, S.TP, M.P telah memproduksi hand sanitizer untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19  tersebut.

“Penempatan hand sanitizer di area finger scanner, lobby, asrama, area kandang, ruang kelas, area ruang makan dan lokasi strategis lainnya,” terang Pontjo.

Formula hand sanitizer yang diproduksi oleh BBPP Batu yaitu etanol 96% sebanyak 833 ml, gliserol sekitar 14,5 ml dan dilarutkan dalam aquadest hingga 1 lt. Aduk hingga homogen dan pindahkan dalam botol-botol.

Bahan etanol berfungsi sebagai antibakteri, karena dalam konsentrasi yang tepat etanol memiliki kemampuan menembus membran sel bakteri atau virus, sedangkan gliserol yang ditambahkan untuk memberi konsistensi pada alkohol agar lebih mudah untuk diaplikasikan di kulit, selain itu gliserol berguna untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengatasi iritasi yang ditimbulkan oleh alkohol. Aquadest sebagai pelarut kedua zat kimia tersebut.

“Penggunaan konsentrasi yang tepat berpengaruh terhadap kualitas hand sanitizer,” kata Ilfarm Make Arinata, S.TP sebagai tenaga laboran pada Laboratorium Susu BBPP Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress