Sinergi BBPP Batu Bersama Kab. Trenggalek Gelar Bimtek Olah Limbah Peternakan

Sinergi BBPP Batu Bersama Kab. Trenggalek Gelar Bimtek Olah Limbah Peternakan (17-19 Maret 2020)

BBPP Batu telah sukses melangsungkan kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan Limbah Peternakan.

Kegiatan tersebut resmi ditutup oleh Kepala BBPP, Batu, Dr. Wasis Sarjono S.Pt, M.Si yang di wakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Batu, Sugino SP, M.Si, Kamis (19/3).

Bimbingan Teknis Pengolahan Limbah Peternakan digelar sebagai dalam rangka aksi BPPSDM dan mendukung kostratani  program Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan ini Sugiono menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengimplemtasikan ilmu yang telah diperoleh selama bimbingan teknis berlangsung Selasa-Rabu (17 – 19 Maret 2020).

Saat bimtek Widyaiswara telah mengajarkan cara membuat pupuk cair plus, maka peserta diharapkan mampu membuat pupuk cair Plus plus. 

“Kami harapkan, hasil pertanian dapat berproduksi secara maksimal karena kesuburan lahan yang diberikan pupuk tersebut,” kata Sugiono.

Sementara itu perwakilan kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Trenggalek yang diwakili oleh Kepala Seksi Pakan dan Teknologi Peternakan, Ir. Subantono mengungkapkan bahwa ilmu yang sudah diperoleh di BBPP Batu oleh peserta Bimtek sangat bermanfaat bagi peserta. 

Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap bagi peserta. Selain itu terima kasih kepada seluruh anggota BBPP Batu yang telah memberikan pelayanan yang sangat baik kepada peserta. Diharapkan pula kerjasama tidak hanya berhenti sampai disini, namun bisa di lanjutkan dengan pserta yang berbeda dan ilmu yang berbeda.

Darantin Muda SST, perwakilan peserta menyatakan merasa beruntung telah mengikuti bimtek. Ilmu yang diperoleh sangat bermanfaat, dan pelayanan BBPP Batu dari saat tiba hingga akhir kegiatan sangatlah baik.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dengan materi memanfaatkan limbah cair oleh Ir. Teguh Wibowo, M.Si, memanfaatkan limbah padat oleh Haris Khoirul Usman dan menghitung analisa usaha limbah oleh Ir. Tri Handajani, M.Agr dan diikuti oleh 30 peserta, ucap Ahmad Prasetyanto, S.H, M.Si selaku Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan BBPP Batu dalam laporan penyelenggaraan Bimtek. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress