Gunakan Teknologi Informasi, BBPP Batu Dukung Duta Petani Millenial

Artikel Umum Berita
Gerakan Dukung Duta Petani Milenial di BBPP Batu

BBPP Batu turut mendukung program utama pembangunan pertanian yang telah dicanangkan Menteri Pertanian RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH untuk mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri, dan modern.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi, M.Agr membuat program aksi salah satunya pelatihan mendukung petani milenial.

Sejalan dengan itu, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu memanfaatkan teknologi informasi dalam upaya mendukung Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian, Sandi Octa Susila yang masuk dalam nominasi peraih Kick Andy Heroes 2020 melalui voting KickAndyShow. 

Kegiatan voting dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si dengan dipandu oleh Kepala Bagian Umum, M. Abdul Aziz bersama seluruh karyawan Balai, peserta pelatihan 5 angkatan dan peserta pelatihan tingkat Asean berjumlah kurang lebih 250 orang, Selasa (10/3/2020).

Berdasarkan media sosial KickAndyShow, Sandi Octa Susila adalah petani muda. Ia memilih menjadi petani, karena ia yakin profesi ini dapat memberi kehidupan yang layak. Pria berumur 26 tahun asal Cianjur, Jawa Barat ini tertarik di bidang pertanian sejak kecil. Sarjana dari Institut Pertanian Bogor ini, membina dan menampung hasil pertanian dari 373 petani.

Hal ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kesejahteraan para petani. Sandi juga kerap diminta sebagai pembicara di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Para petani dari seluruh Indonesia juga banyak yang datang ke tempat Sandi di Cianjur untuk belajar pertanian. Sudah ribuan orang yang datang ke Cianjur untuk belajar di bidang pertanian pada Sandi.

Ia juga digandeng Kementerian Pertanian sebagai Duta Petani milinial untuk mempromosikan pertanian di kalangan anak muda. Oleh Pemda Kabupaten Cianjur, Sandi diangkat sebagai direktur Terminal Agrobisnis Cianjur.

“Oleh karena itu, kita sebagai pegawai Kementerian Pertanian khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, harus berkomitmen mensukseskan penumbuhan pengusaha petani milenial. Kita jadikan pertanian lebih MAJU dari yang kemarin, lebih MANDIRI dan dikelola lebih MODERN,” tutup Wasis, Kepala BBPP Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *