Expert Persusuan Asean Nyatakan Grade 1 Untuk Kualitas Susu Sapi BBPP Batu

Kualitas susu sapi perah BBPP Batu teruji sebagai Grade 1

BBPP Batu menggelar pelatihan bertajuk Diversification, Added Value and Competitiveness on Dairy Product yang diikuti oleh 18 orang peserta dari  7 Negara Asean (Cambodia, Malaysia, Kamboja, Lao PDR, Myanmar, Philipina dan Indonesia) dimulai tanggal 01 – 11 Maret 2020.

Pelatihan tersebut sebagai upaya memperkuat networking dengan negara-negara Asean dilakukan

Selama 11 hari proses pembelajaran, peserta menerima banyak informasi terkait dunia persusuan Indonesia. Selain pembelajaran di kelas peserta juga dilibatkan dalam field visit di Indolakto sebagai salah satu contoh milk industri terbesar di Jawa Timur, Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang dan koperasi Margo Mulyo binaan PT Nestle. Kunjungan ini untuk pemberdayaan koperasi susu untuk meningkatkan kualitas susu di tingkat peternak, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan peternak sapi perah.

Materi “Milk Quality Test” sebagai salah satu materi inti dari kurikulum pelatihan kerjasama Asean ini, dipaparkan oleh Widyaiswara BBPP Batu, Pontjo Tri Andajani, S.TP, MP.

Pemaparan materi ini didukung dengan metode praktek di laboratorium Susu BBPP Batu. Pada praktek pengujian kualitas susu dilakukan uji didih, uji alkohol, uji mastitis menggunakan mastitis detector, tes antibiotik dan pengujian komposisi susu menggunakan lactoscan.

Tujuan dari pengujian susu ini selain melindungi konsumen dari pemalsuan susu, juga sebagai acuan grade susu, yang pada muaranya dapat menentukan jenis diversifikasi dan added value produk susu yang akan diproses. Peserta sangat antusias mengikuti sesi praktek di laboratorium Susu.

Hasil pengujian komposisi  sample susu yang berasal dari kandang sapi perah BBPP Batu mempunyai fat content 4%, SNF 8,2%, laktosa 4%, density 26,6%, protein 3%, added water 1%.

“Sample susu ini sangat layak untuk diversifikasi produk susu dengan grade satu (1), misalnya keju mozarella,” jelas Pontjo Andajani, Widyaiswara BBPP Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress