Kunjungi BBPP Batu, Sekretaris BPPSDMP Tegaskan Kostratani

Sekretaris Badan Penyuluhan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si berkunjung ke BBPP Batu.

Ia meninjau salah satu Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Pertanian dibawah BPPSDMP dengan didampingi oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Dr. Wasis Sarjono.S.Pt, M.Si.

Tampak pula Pejabat Administrator yaitu M. Abdul Aziz, Nurul Qomariyah, S.Sos, M.Si, Sugino, SP, M.Si dan Pejabat Pengawas yaitu Abubakar, S.Pt, MM, Veny Octoraningtyas, SE, Achmad Prasetyanto Wibowo, SH, M.Si, Afnita, S.Sos, serta Pelaksana yaitu Dwi Lestari, S.ST, Sugiarto, Sukadi, Vira Rizkiana Aprilianti, A.Md dan Wawan Rameli.

Pada kesempatan ini, Dr. Ir. Munifah, M.Si bersama Tim antara lain Sri Hartati, SH, MM, Inge Rina Widiantomo Putri, A.Md, Siti Hartati dan Dr. Acep Hariri, S.ST, M.Si menggelar pertemuan di Ruang Diorama Balai, dan menyampaikan beberapa point penting tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sesuai UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN disebutkan bahwa ada 3 (tiga) tugas ASN yaitu melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Negara, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, dan mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Munifah.

Lebih lanjut dikatakan, berkaitan kebijakan Kementerian Pertanian yang telah diluncurkan Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH adalah adanya gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

“Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pertanian yang dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan untuk mengoptimalkan tugas, fungsi. dan perannya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian,” ujarnya.

Dalam penjenjangan Komando Strategi, Kostratani berkedudukan di tingkat kecamatan dengan Komandan adalah Camat, dan Ketua Harian sekaligus Sekretariat adalah Kepala BPP.

Di tingkat Kabupaten/Kota, komando strategis ini bernama Kostra Daerah (Kostrada) dengan kepala komando adalah Bupati/Walikota, dan Ketua Harian sekaligus Sekretariat adalah Kepala Dinas Pertanian Kab./Kota.

Di tingkat Provinsi, bernama Kostra Wilayah (Kostrawil) yang berkedudukan di Provinsi dengan kepala komando adalah Gubernur, Ketua Harian adalah Kepala Dinas Pertanian Provinsi, dan sekretariat adalah Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

Sedangkan secara nasional, pergerakan Komando Strategis ini dikomandani oleh Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH dalam bentuk Kostra Nasional (Kostranas) dengan Ketua Harian adalah Kepala BPPSDMP, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr.

“Oleh karena itu, kita sebagai pegawai Kementerian Pertanian khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, harus berkomitmen mensukseskan Program Kostratani. Kita jadikan pertanian lebih MAJU dari yang kemarin, lebih MANDIRI dan dikelola lebih MODERN,” kata Munifah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress