Menuju Pertanian Tangguh, BBPP Batu Laksanakan Pelatihan Vokasi

Artikel Artikel Umum Berita

Memulai kegiatan di awal Tahun 2020, BBPP Batu menggelar pelatihan dua diklat sekaligus yaitu: Pelatihan Vokasi Operator Kandang Farm Petelur dan Juru Sembelih Halal (Juleha) Angkatan I.

Dalam pembukaan pelatihan ini dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt M.Si, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Sugino, S.Pt M.Si, Kasi Pelatihan NonAparatur Afnita, S. Sos, Kepala Seksi Aparatur Dra. Hastutik, M.Si, Widyaiswara serta panitia pelatihan.

Peserta pelatihan berasal dari perwakilan Kabupaten se – Propinsi jawa Timur. Materi yang disampaikan dalam pelatihan Vokasi Operator Kandang Farm Petelur antara lain Kebijakan perungasan Indonesia, Program KUR (Kredit Usaha Rakyat), Biosecurity, K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), menyiapkan kandang produksi, Mengelola unggas periode starter, mengelola unggas periode grower. 

Pada pelatihan teresebut materi yang akan disampaikan dalam pelatihan Juleha antara lain Kebijakan pemerintah tentang produk halal, Menerapkan K3, Menerapkan Persyaratan Juru Sembelih Halal, Menyiapkan Peralatan Penyembelihan, Menerapkan Higiene Sanitasi, dan Melakuan Penyembelihan Halal. 

“Kedua pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja milenial yang berkompeten dibidangnya,” ujar Afnita dalam laporan pelaksanaannya.

Sementara itu, Wasis Sarjono mengungkapkan pelatihan saat ini adalah pelatihan pertama yang diselenggarakan oleh BBPP Batu pada tahun 2020.

 

“Oleh sebab itu peserta saat ini adalah peserta yang mempunyai keberuntungan luar biasa, dan kemudaian Balai akan ikut bertanggungjawab terhadap alumni pelatihan,” ungkapnya. 

Wasis juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Pertanian sedang menggalakan program Kostratani yang diharapkan nantinya akan menyamakan data (single data), menjamin ketersediaan pangan 3 bulan ke depan, perbaikan konsep asuransi dan inisiasi bank pertanian serta penguatan manajemen pembanguan pertanian. 

Selain itu, untuk meningkatkan minat generasi muda pada sektor pertanian, Kementan juga meluncurkan program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) yang disampaikan oleh Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan.

Pelatihan yang digelar BBPP Batu ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *