Ini Cara BBPP Batu Tingkatkan Produksi Susu Nasional

Kegiatan FGD

Kamis 30 Januari 2020, BBPP Batu melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) di Hall Brizanta BBPP Batu. FGD kali ini mengangkat tema “Menyediakan SDM Peternak Sapi Perah Milenial Untuk Mendukung Peningkatan Produksi Susu Nasional dan Menekan Import”.

Kepala BBPP Batu, DR. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si membuka langsung kegiatan. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan FGD perlu dilakukan untuk mendapatkan strategi-strategi yang baik untuk menciptakan peternak sapi perah milinial yang maju, mandiri dan modern.

“Dengan adanya regenerasi peternak sapi perah milenial juga menjadi tujuan pertanian di masa depan, dan mendukung Kostratani program Menteri Pertanian Dr. Syarul Yasin Limpo, S.H., M.H yaitu mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya regenerasi peternak sapi perah yang mempnuyai keterampilan dan wawasan tinggi mampu menghasilkan produksi susu yang meningkat baik dari segi kuantitas dan kualitas sehingga dapat menekan import susu.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Sugino, SP, M.Si menyebutkan bahwa tujuan dari penyelenggraan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peternak milenial dalam usaha sapi perah, serta meningkatkan kesejahterahan bagi peternak sapi perah. 

Kegiatan ini diikuti oleh stakeholder persusuan, diantaranya Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Kota Batu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasurua.

Tampak pula perwakilan dari Dinas Peternakan Kabupaten Banyuwangi, GKSI Jawa Timur, FK P4S Persusuan Jawa Barat, KUD Mojosongo Boyolali, seluruh KUD yang berlokasi di Jawa Timur dan Widyaiswara BBPP Batu.

Serta Ketua Ikatan Dokter Hewan Sapi Perah Indonesia (IDHSPI), Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), Perwakilan dari Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia, perwakilan dari Fonterra (koperasi susu multinasional Selandia Baru) dan Perwakilan dari Indolakto sebagai narasumber dan praktisi dari kegiatan FGD.

Kegiatan ini didampingi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi BBPP Batu, Nurul Qomariyah, S.Sos, M.si dan Kepala Bagian Umum BBPP Batu, M. Abdul Aziz, S.Pt, M.AP. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022: Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress