Study Banding BBPP Lembang ke BBPP Batu.

Artikel Umum Berita

Balai Besar Pelatihan Peternakan atau BBPP Batu mendapat kunjungan dari tim Program dan Evaluasi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Rabu (8/1).

Rombongan sebanyak 8 orang tersebut terdiri dari Kepala Seksi Program dan Kerjasama, Kepala Evaluasi dan Pelaporan berserta 6 orang staf. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berdiskusi dan berbagi informasi tentang kegiatan Program dan Evaluasi yang dilakukan BBPP Batu diantaranya E-Monev Bappenas, E-Sipp, E-Smart, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta instrumen evaluasi kegiatan pelatihan.

Kepala BBPP Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Nurul Qomariyah, S.Sos, M.Si dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Sugino, SP, M.Si menerima baik kunjungan tersebut. 

Dalam kegiatan ini BBPP Batu menayangkan video profil Balai yang berisikan visi misi BBPP Batu, Divisi yang ada di BBPP Batu, kegiatan pelatihan baik kerja sama dalam negeri atau luar negeri, serta sarana dan prasarana penunjang yang ada di BBPP Batu.

Dilanjutkan kegiatan diskusi antara lain tentang bagaimana prosedur dan SOP kerjasama di BBPP Batu baik untuk kerjasama dalam maupun luar negeri, penggunaan instrumen evaluasi, kerjasama pola PNBP, sistem evaluasi manual dan online, dan tentang PP tarif pelatihan kerjasama. 

Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan A. Prasetyanto Wibowo, SH, M.Si menjawab pertanyaan dari rekan-rekan BBPP Lembang bahwa evaluasi dilakukan untuk pelatihan yang diselenggarakan di BBPP Batu maupun di luar BBPP Batu secara manual dan online sesuai dengan unsur peserta (Aparatur atau Non Aparatur). 

Selain itu juga dipaparkan informasi tentang Kostratani oleh Nurul Qomariyah, S.Sos, M.Si. dan Sugino SP, M.Si dan bagaimana kontribusi Balai dalam menyukseskan kegiatan kostratani melalui anggaran yang ada di DIPA 2020.

Sugeng Priono selaku Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan BBPP Lembang sekaligus ketua rombongan mengaku senang berkunjung ke BBPP Batu karena mendapatkan banyak informasi positif mengenai BBPP Batu sehingga diharapkan nanti dapat diimplementasikan di BBPP Lembang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *