BBPP Batu Ajarkan Sistem Hidroponik untuk Meningkatkan Potensi Pertanian Organik

Uncategorized

Pelatihan Teknis Tematik yang digelar BBPP Batu di Maluku Utara salah satunya bertempat di P4S Hidayatullah, Desa Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara. Pelatihan yang digelar selama 3 hari mulai tanggal 16 hingga 18 September 2019 ini diisi dengan materi inti pembuatan pupuk organik dan aplikasi budidaya tanaman hidroponik.

Peserta pelatihan tematik P4S Hidayatullah Ternate melakukan praktik pembuatan pupuk organik baik padat maupun cair dengan memanfaatkan potensi limbah di sekitar P4S Hidayatullah, antara lain limbah pertanian dan peternakan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir limbah yang ada di sekitar sehingga tidak menimbulkan potensi yang merugikan, namun mampu merubahnya menjadi potensi yang menguntungkan bagi petani dan masyarakat.Sebagai Fasilitator pada materi membuat pupuk organik adalah penyuluh pendamping di Ternate, Ummul Chair Mahadin.

Selain praktik membuat pupuk organik, peserta pelatihan tematik P4S Hidayatullah Ternate juga praktik budidaya tanaman hidroponik langsung pada lahan milik praktisi.Pengembangan sistem pertanaman hidroponik merupakan alternatif sistem pertanian yang diterapkan untuk wilayah perkotaan seperti Ternate yang menghadapi kendala lahan pertanian yang sempit. Selain itu, potensi pemasaran produk hidroponik lebih menjanjinkan dibanding sistem budidaya pertanian lainnya. Harga penjualan produk sayuran hidroponik yang dibudidayakan secara organik relatif lebih tinggi dibanding sayuran non hidroponik-organik. Sehingga diharapkan pelatihan ini mampu meningkatkan pendapatan petani di wilayah kota Ternate.

Sebagai praktisi pada materi ini adalah Suharno, pelaku usaha yang sukses bertanam sayuran hidroponik di Ternate.Pelatihan yang digelar BBPP Batu ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 6 peserta perempuan dan 16 peserta laki-laki yang berasal dari berbagai wilayah di kota Ternate, Maluku Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *