Ternak Perah

Ternak Perah

Profil Divisi Ternak Perah

 

Aktivitas Divisi  Ternak Perah (Kambing Perah – Sapi Perah)

Sebagai negara bnerkembang, laju perekonomian Indonesia tumbuh pesat. Peningkatan kualitas hidup, pendapatan, pendidikan termasuk pengetahuan pentingnya nilai gizi pangan dan jumlah penduduk saat ini memberikan dampak yang besar terhadap permintaan produk pangan masyarakat. Salah satunya adalah susu.

Prospek pasar akankebutuhan susu berpeluang besar pada usaha peternakan sapi perah maupun kambing perah untuk ke depannya. Hal ini mengingat kemampuan pasok susu peternak lokal saat ini baru mencapai 25-30% saja. Selebihnya impor. Untuk menjawab tantangan itu semua, Balai Besar Pelatihan Peternakan-Batu melalui Divisi Ternak Perah berusaha meningkatkan kemampuan/kompetensi SDM Peternakan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (Diklat), baik di danai APBN maupun kerjasama pelatihan. Adapun jenis pelatihan yang diselenggarakan adalah untuk aparatur, Non Aparatur, Kerjasama, Magang, PKL maupun Kunjungan (fieldtrip). Peserta dibimbing oleh tenaga-tenaga pengajar yangkompeten di bidangnya. Kurikulum diklat dengan prosentase pembelajaran di dalam kelas sebanyak 30%. Sedangkan di luar kelas/praktek di lapangan adalah 70%. Hasil diklat peserta  akan mendapatkan sertifikat jika dinyatakan lulus dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Jenis- Jenis Diklat Ternak Perah

A.Diklat Fungsional

Diklat Pengawasan Mutu Bibit Ternak

B.Diklat Teknis

1.Diklat Pemilihan Bibit Ternak

2.Diklat Pemerahan Susu

3.Diklat Pemeliharaan Ternak Perah

4.Diklat Penanganan Ternak Perah

5.Diklat Recording Ternak Perah

6.Diklat Manajemen Perkandangan ternak Perah

7.Diklat Sistem Reproduksi Ternak Perah

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu- Jawa Timur merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Pertanian Republik Indonesia. BBPP Batu membidangi Diklat Bagi Aparatur dan Non-Aparatur dengan fokus ruminansia meliputi ternak perah dan ternak potong. Dalam perkembanganya BBPP Batu membentuk divisi – divisi untuk lebih mengoptimalkan pelayanan, antara lain divisi ternak perah.

Divisi ternak perah menangani produksi ternak perah, antara lain: sapi perah dan kambing perah. Aktivitas divisi ternak perah meliputi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) teknis dan fungsional. Diklat teknis untuk sapi perah dikelompokkan menjadi diklat dasar, terampil, dan tingkat ahli; Dengan jenis diklat : Pemilihan Bibit Sapi Perah, Manajemen Perkandangan, Pemerahan Susu (Milking), Penanganan Sapi Perah (Cow Handling), Recording Sapi dan Kambing Perah, dan Peluang Bisnis Sapi da Kambing Perah.

Dalam mendukung keberhasilan Diklat pada divisi ternak perah secara inernak BBPP Batu memliki fasilitas yang sangat memadai, baik labolatorium, instalasi sapi perah dan kambing perah, sehingga peserta diklat dapat berlatih langsung secara penuh dalam mengikuti proses belajar mengajar didalam kelas dan di instalasi. Dalam pengembangan wawasan