Selayang Pandang

Selayang Pandang

Pembangunan pertanian dalam lima tahun kedepan (2015 – 2019) diarahkan untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, yaitu menciptakan pertanian Indonesia yang bermartabat, mandiri, maju, adil dan makmur. Pertanian yang bermartabat artinya bahwa petani Indonesia memiliki kepribadian luhur, harga diri, kebanggaan serta merasa terhormat dan dihormati sebagai petani. Pertanian mandiri adalah adanya kemerdekaan dan kedaulatan negara maupun petani dalam segala hal terkait pembangunan pertanian. Pertanian maju tercermin dalam penerapan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru pada masanya dan yang adil berkaitan dengan pemerataan dan keberimbangan kesempatan berusahatani, politik dan jaminan penghidupan secara horizontal, spasial, sektoral, bidang pekerjaan dan sosial. Adapun pertanian yang makmur dicirikan oleh kehidupan seluruh petani yang serba berkecukupan, yang merupakan hasil dari pertanian yang bermartabat, mandiri, maju dan adil.

Salah satu prasyarat untuk meningkatkan peran sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi nasional adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) pertanian yang Profesional, Mandiri dan Berdayasaing Berorientasi pada Pengembangan dan Pemanfaatan Bioindustri dan bioenergi yang Berkelanjutan, dimana hal tersebut dapat dibangun antara lain melalui kegiatan pelatihan bagi aparatur dan non aparatur pertanian, peningkatan kualitas program berbasis kinerja serta kegiatan pengembangan SDM lainnya.

Untuk itu, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, akan memberikan dukungan dan ikut berperan dengan menyelenggarakan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia pertanian, khususnya peternakan yang professional, mandiri dan berdaya saing.

Dalam upaya untuk mencapai sasaran dan memenuhi ketertinggalan pemenuhan kebutuhan akan protein hewani, diperlukan peningkatan sumber daya manusia pertanian-peternakan yang berkualitas. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu dapat memainkan peranannya melalui penyelenggaraan pelatihan guna menghasilkan sumber daya manusia pertanian-peternakan yang profesional.