Perayaan Hari Susu Nusantara

Sumatera Selatan menjadi tempat pelaksanaan peringatan Hari Susu Nusantara 2015 yang merupakan peringatan ke tujuh dan jatuh pada 1 Juni 2015. Acara peringatan dipusatkan di Plaza Benteng Kuto Besak, Palembang, Ahad 30 Mei 2015 yang dihadiri oleh wakil dari: Kementrian Pertanian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koperasi dan UKM, Dirjen PPHP Kementerian Pertanian, Dinas Perindustrian, Gubernur Sumatera Selatan, Walikota Palembang, Gabungan Koperasi Susu Indonesia, Asosiasi Industri Pengolah Susu, Para Peternak sapi, kerbau dan kambing perah.serta undangan dari instansi terkait .


Pada peringatan HSN tersebut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian Yusni Emilia Harahap mengatakan peringatan Hari Susu Nusantara merupakan momentum untuk meningkatkan konsumsi susu segar nasional. Konsumsi susu masyarakat Indonesia masih terendah jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya yaitu 12 liter per kapita per tahun jauh di bawah Malaysia (50,9 liter / kapita /tahun), India (47,1 liter /kapita /tahun), Singapura (44,5 liter /kapita /tahun), Thailand (33,7 liter /kapita /tahun) dan Filipina (13,7 liter /kapita /tahun). Menurut Emilia, rendahnya konsumsi susu segar nasional diakibatkan karena kebiasaan minum susu yang belum membudaya.

Pembukaan peringatan HSN ditandai dengan minum susu bersama yang diikuti oleh undangan dan anak-anak sekolah mulai dari TK sampai SMA yang hadir pada acara tersebut.


Setelah pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan ke stan pameran yang diikuti dari berbagai dinas dan instansi terkait. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu merupakan salah satu UPT Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian yang mempunyai tupoksi meningkatkan PKS bagi aparatur dan non aparatur bidang pertanian khususnya peternakan ikut berperan aktif  dalam memperingati HSN di Palembang tersebut dengan menampilkan produk-produk olahan susu seperti susu pasteurisasi, permen susu, stik susu, kerupuk susu, nugget susu dan pie susu. Keikutsertaan BBPP Batu bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat selain susu dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, susu juga dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk produk olahan. Produk-produk olahan yang dipamerkan merupakan aplikasi dari materi-materi dalam kurikulum pelatihan yang diselenggarakan di BBPP Batu.

Oleh : endang ssw, palembang, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *