Transfer Embrio Perdana, BBPP Batu Kembangkan Sapi Belgian Blue

Share This Post:

Upaya mewujudkan swasembada daging terus dilakukan, salah satunya dengan mengembangkan sapi Belgian Blue (BB) di Indonesia. Balai Besar Peternakan Peternakan (BBPP) Batu sebagai salah satu lokasi pengembangannya, telah memulai implementasi Transfer Embrio (TE).

bb1

Pelaksanaan TE berlangsung Sabtu (3/3/2018) di BBPP Batu. Disaksikan langsung oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan) Ir Sugiono MP, implementasi TE terhadap seekor sapi resipien berhasil dilakukan.

Dukungan sarana prasarana BBPP Batu yang memadai, kebersihan yang terjaga, lingkungan yang rapi, dan pelayanan prima menjadi keunggulan BBPP Batu sebagai salah satu lokasi pengembangan sapi BB. Termasuk keterlibatan tim Belgian Blue dari BBPP Batu.

bb9
“Mudah-mudahan BBPP Batu bisa menjadi center of excellent bagi SDM yang unggul dan kompeten. Sumber daya alam yang besar membutuhkan SDM yang kuat,” ujar Sugiono usai pelaksanaan TE sapi BB di BBPP Batu.

Perlu diketahui, sapi BB merupakan perkawinan antara sapi Shorthorn atau Durham dengan sapi lokal Belgia. Bobot sapi persilangan ini bisa mencapai 1 ton lebih.

bb16

Kementerian Pertanian telah menargetkan lahirnya sapi BB di Indonesia sebanyak 1000 ekor pada 2019 nanti. Pengembangan sapi BB ini diharapkan membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi daging sapi di Indonesia, melalui peningkatan mutu genetik ternak.

Bersamaan dengan pelaksanaan TE di BBPP Batu, diadakan Pelatihan Pengawas Bibit Ternak Ahli yang diikuti 30 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, yakni Aceh, Padang, Banten, Jabar, Jateng,  Jatim, NTB, Kalimantan, dan Sulawesi. Sugiono juga memberi materi pada pelatihan tersebut. (*)

Share This Post: