Telur Omega-3 sudah diproduksi di BBPP Batu

Share This Post:

TELUR OMEGA -3

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu dalam menjawab tantangan perkembangan inovasi dibidang perunggasan, mulai tahun 2015 membuka  instalasi Ayam Petelur dengan membangun fasilitas dan sarana budidaya ayam petelur system Clouse Hause (kandang tertutup) kapasitas 1000 ekor/ siklus pemeliharaan. dilengkapi dengan ruang administrasi dan gudang pakan.

omega1

Dalam pengembangannya kegiatan di instalasi ayam petelur siklus kedua instalasi ayam petelur BBPP Batu menerapkan inovasi dengan memproduksi telur omega 3 mulai awal Januari 2018 dan saat ini sudah memasuki puncak produksi antara 95 – 97,9 % produksi perhari.

Hasil Produksi telur omega telah dilakukan uji kandungan omega 3, kandungan protein, kandungan kolesterol dan kandungan lemak di PT. Scofindo Surabaya dan hasilnya menunjukkan kandungan omega3 mencapai 75%, protein 1549 %, lemak 4,97 % dan kolesterol 4,4% dibanding kandungan kolesterol pada telur konsumsi biasa.

omega 2

Tantangan terbesar adalah membangun jejaring pemasaran, dimana masyarakat pada umumnya memahami telur masih secara konvensional, dimana telur omega dengan kelebihan nutrisinya belum diketahui secara luas oleh masyarakat konsumen. Terobosan yang dilakukan oleh BBPP Batu dalam membangun pasar adalah dengan melakukan sosialisasi ke lembaga pendidikan, ke posyandu, instansi swasta dan pemerintah. Terobosan dalam membangun jaringan pemasaran mulai menampakan hasil dengan adanya kerjasama pemasaran, antara lain dengan Outlet BBPP Batu, Outlet BBPP Ketindan, Koperasi Pemerintah Kota Batu, Apotik Sehat di Kota Batu, Kios Tani Indonesia di Kabupaten Bangkalan, Agen pemasaran di Kota Ngawi dan Masysrakat yang dating langsung ke Instalasi sambil melihat peternakan secara langsung.

omega 3

Selanjutnya BBPP Batu mengajak kepada seluruh masysrakat untuk mengkonsumsi telur omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan, kandungan asam lemak yang sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh, dan berfungsi untuk menangkal penyakit degeneratif seperti kanker. Telur omega 3  juga sangat baik untuk pertumbuhan janin dan balita yang masih dalam pertumbuhan, Omega-3 sangat bermanfaat untuk perkembangan sel otak yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Tak jarang Omega-3 ditambahkan dalam komposisi susu kaleng, makanan bayi, dan asupan untuk ibu hamil. Mari dating di BBPP Batu, anda akan dapat melihat secara langsung system pemeliharaan dan mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan para praktisi yang kompeten terkait telur omega 3. Terima Kasih.

(Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si- BBPP-Batu)

Share This Post: