RPH BBPP BATU menyediakan pelayanan penyembelihan hewan Gratis

Share This Post:

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu (BBPP Batu) kembali hadir dalam mewujudkan daging yang Aman sehat Utuh dan Halal (ASUH) dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap panitia qurban dalam melakukan penanganan hewan qurban. Pada idul adha 1437 H ini BBPP Batu meningkatkan perannya dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan menambahkan 3 kegiatan utama.

 Pertama tgl 9 September 2016 pelatihan juru sembelih halal dalam rangka penanganan hewan qurban dengan peserta takmir masjid, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, dan staff BBPP Batu. Materi lay out tempat penyembelihan hewan, mempersiapkan peralatan penyembelihan hewan, teknik memilih dan mengasah pisau, sanitasi dan higiene, cara merebahkan sapi dan kambing yang memenuhi kesejahteraan hewan, teknik menyembelih satu kali sayat, cara menguliti dan menangani karkas yang higienis, pengemasan dan distribusi daging qurban yang higienis diberikan secara teori di aula BBPP Batu dilanjutkan dengan praktek memilih dan mengasah pisau serta merebahkan sapi dan kambing di farm BBPP Batu dengan narasumber widyaiswara yang juga instruktur dan asesor Juru Sembelih dari BBPP Batu.

Kegiatan kedua tgl 12 september 2016  pendampingan penanganan hewan qurban di masjid peserta pelatihan oleh BBPP Batu dan Mahasiswa FKH UB yang sebelumnya ikut pelatihan di BBPP Batu. Pendampingan meliputi pemeriksaan ante mortem, penanganan penyembelihan hewn qurban dan pemeriksaan post mortem. Panitia penanganan hewan qurban di masjid al amin malang pada tahun inin menggunakan sarung tangan untuk mewujudkan daging yang ASUH “ujar pendamping penanganan hewan qurban, pontjo TA, STP, MSi saat bertemu panitia. Dari pantauan panitia pada saat pemeriksaan post mortem ditemukan cacing fasciola hepatica pada hati beberapa hewan qurban pada beberapa masjid.

Kegiatan ketiga tgl 12 sd 14 september 2016 Rumah Potong Hewan BBPP Batu melayani penyembelihan dan boning hewan qurban bagi takmir masjid sekitar BBPP Batu. Takmir Masjid yang menyembelihkan hewan qurbannya di RPH BBPP Batu berasal dari  Takmir Masjid di Kota Batu dan Kota Malang “ujar pengelola RPH BBPP Batu, drh. Iskandar Muda, M.Sc.

Share This Post: