Pembukaan Diklat oleh Kabadan BPPSDMP

Share This Post:

Pada Hari Selasa, 26 Juli 2016 Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu mengadakan Kegiatan Pembukaan Diklat Dasar Penyuluh Pertanian Ahli, Diklat Dasar Penyuluh Pertanian Terampil, Diklat Alih Kelompok Penyuluh Pertanian dan Diklat Dasar Fungsional Pengawas Mutu Pakan (Wastukan). Pembukaan ini dihadiri oleh para peserta pelatihan serta seluruh jajaran karyawan dan Kepala BBPP Batu.  Selain itu, juga ada tamu undangan yaitu Kepala BBPP Ketindan, Kepala BP4K Kabupaten Halmahera dan Kepala Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Peternakan (BPPSDMP) Bapak Pending Dadih Permana.

Pembukaan Diklat 26 Juli 2016

Dalam sambutannya Bapak Pending menyampaikan bahwa “Indonesia sebagai negara beriklim tropis, mempunyai potensi yang besar dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Oleh karena itu, peran penyuluh sangat penting sebagai ujung tombak pertanian di negara ini. Karena sebagai penghubung informasi dan teknologi kepada para petani maupun peternak.” Selain hal itu beliau juga menyampaikan “di bidang peternakan, pakan merupakan salah faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan peternakan. Oleh karena itu para petugas wastukan mempunyai peluang yang sangat besar untuk tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan produkstivitas ternak sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan peternak”.

Pembukaan Diklat 26 Juli 2016 1

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi kerja petugas penyulu pertanian dan pengawas mutu pakan sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang masing-masing. Kegiatan pelatihan fungsional Penyuluh Pertanian dilakukan dari tanggal 25 Juli – 09 Agustus 2016 yang diikuti oleh 35 peserta dan fungsional Wastukan dari tangal 26 Juli – 10 Agustus 2016 yang diikuti 30 peserta. Para peserta ini tersebar dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Sumatra Utara, Bangka Belitung, Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta bahkan hingga sampai dari Papua. Selama pelatihan ini para peserta akan mendapatkan materi yang diberikan widyaiswara di kelas serta dari narasumber dari pengusaha bidang peternakan. Selain materi dikelas juga akan ada kegiatan praktek dilapangan langsung, sehingga para peserta dapat beriteraksi dengan peternak maupun penyuluh di sekitar kabupaten Malang.

Penulis : Rahmad Hidayat, S.Pt
Dokumentasi : Kharisma Imam A, S.Pt

Share This Post: