BBPP Batu Lakukan Asesmen dalam Rangka Menuju Laboratorium Berstandar ISO 17025 : 2008

Share This Post:

Dalam rangka menjawab tantangan era globalisasi dan pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang harus menghasilkan produk-produk yang terstandarisasi sehingga mempunyai pengendalian mutu dan penjaminan mutu dari produk yang dihasilkan. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu sebagai salah satu balai milik Kementrian Pertanian yang mempunyai berbagai jenis pelatihan dalam menghasilkan produk pakan ternak dan bahan pangan dari hasil ternak, sebaiknya harus mempunyai laborartorium yang berstandar ISO 17025 : 2008 untuk menjamin kualitas dan mutu produknya. Karena dengan Laboratorium yang mempunyai standar ISO dapat memberikan hasil pengujian yang tepat dan akurat.

ISO

Pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2016, BBPP Batu melaksanakan kegiatan assesmen ISO 17025 : 2008 yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Asesor yang di tunjuk oleh KAN adalah ibu Rosi Ketrin dari Puslitkimia Serpong dan ibu Romsyah Maryam dari BBVet Bogor. Hal-hal yang dinilai dalam kegiatan asesmen ini adalah mengenai aspek manajemen mutu, manajemen adminastrasi, dan manajemen teknis. Sebelum kegiatan asesmen dimulai, dilakukan opening meeting dengan Tim ISO BBPP Batu, Tim Audit Internal, dan tim Asesor.  Dalam sambutannya kepala BBPP Batu Bapak Rudy Rawendra menyampaikan bahwa ruang lingkup pengujian ISO 17025 : 2008 laboratorium BBPP Batu hanya pada pengujian proksimat bahan pakan ternak. Namun, kedepannya ruang lingkup yang akan diujikan akan bertambah seperti pengujian terhadap produk olahan hasil ternak (stik susu, permen susu, nugget, bakso) dan Analisa untuk mengetahui status kesehatan ternak (uji darah, uji kualitas susu, uji feses). Sehingga semua produk dan jasa dari BBPP batu dapat terstandarisasi kualitasnya.

ISO1

Pada Closing Meeting setelah kegiatan asesmen selesai dilakukan, ibu Rosi selaku sebagai Asesor Ketua menyampaikan kesimpulan kegiatan asesmen, bahwa “secara umum Laboratorium BBPP Batu sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu dengan baik sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2008, di dukung dengan peralatan memadai dan staf yang memiliki kemampuan yang baik sehingga, dapat melakukan pengujian secara benar”. Hasil ini disambut dengan bahagia oleh BBPP Batu khususnya seluruh karyawan yang berhubungan langsung dengan ISO 17025 : 2008. Karena untuk mencapai hasil ini sudah banyak persiapan yang dilakukan sejak bulan Februari 2015.

Penulis : Rahmad Hidayat, S.Pt
Dokumentasi : Iman Agus Susanto, S.Pt

Share This Post: