Kunjungan SMP Al-Amin Paciran Lamongan

Share This Post:

Pada Kamis 16 Desember 2015 Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Menerima Kunjungan dari Rombongan SMP Al-Amin Paciran Lamongan. Rombongan berjumlah 60 Orang terdiri dari guru pendamping 11 Orang, 59 murid kelas Delapan. Rombongan disambut oleh kasie non aparatur dra. Hastutik dan Eko Fendi Baskoro, SST. Tujuan kunjungan diutamakan di empat divisi yaitu Divisi Ternak Perah, Divisi ternak Potong, Divisi Prosesing dan pengolahan susu dan pengolahan limbah.

Menurut Pendamping Rombongan M. Mikhfad Tujuan Materi kunjungan adalah untuk Mengenalkan dunia peternakan kepada siswa khususnya kelas delapan yang akan naik kelas sembilan ditahun depan yang selanjutnya juga menambah wawasan para murid. Dipilihnya BBPP Batu sebagai lokasi kunjungan karena di BBPP Batu sesuai dengan tujuan.  Hal Tersebut dibenarkan oleh oleh Winardi guru pendamping lain “harapan kita agar siswa mendapatkan wawasan dan bekal untuk kelas sembilan dimana mereka harus bisa menulis”ujar Risky.
sma lamongan

Untuk kunjungan ke divisi rombongan dipecah menjadi dua kelompok, rombongan pertama ke divisi ternak perah langsung melihat proses pemerahan susu dimana di BBPP Batu sudah menggunakan mesin pemerahan otomatis. Dilanjutkan ke Divisi Sapi Potong untuk melihat jenis dan koleksi sapi, Divisi Pengolahan Limbah dengan biogasnya dan terakhir melihat proses pengolahan susu, rombongan mengunjungi outlet olahan susu yang ada di Pusat Inkubator Agribisnis ( PIA ), di PIA tersebut terdapat berbagai macam olahan – olahan produk peternakan mulai susu pasteurisasi, susu yogurt, permen susu, nouga susu, abon daging, siomay, bakso, ice cream produksi dari BBPP Batu yang dalam pembuatannya mengedepankan kualitas, higienitas.

( By. Iman, Karis, Rahmad )

Share This Post: